IBL

LeBron James salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Mulai catatan pribadi hingga koleksi gelar. Tapi ternyata ada satu hal yang belum dimiliki oleh Sang Raja yaitu Defensive Player of the Year.

“Pemain Bertahan Terbaik. Maksud saya, itu adalah satu-satunya gelar yang tidak ada dalam koleksi saya di rumah,” kata LeBron dalam episode terbaru The Shop.

Bukannya tidak masuk kriteria sebagai Pemain Bertahan Terbaik. Tetapi LeBron selalu terhalang untuk menjadi DPOY. Selama 21 tahun berlaga di NBA, LeBron dua kali menjadi finalis DPOY.

Masing-masing pada 2009 saat bermain untuk Cleveland Cavaliers. LeBron kalah dari Dwight Howard (Orlando Magic). Kemudian pada 2013 tatkala berseragam Miami Heat. LeBron masuk nyaris merengkuh DPOY tapi tetap saja kalah dari Marc Gasol (Memphis Grizzlies).

Soal Gasol yang menjadi rekan LeBron di Lakers pada 2021, LeBron menyinggung bahwa Gasol tidak masuk tim pertama All-Defense 2012. Tapi pemain asal Spanyol itu bisa menjadi DPOY.

Tanpa melihat DPOY, koleksi gelar LeBron sebenarnya sudah lengkap. Pemain berusia 39 tahun itu meraih empat cincin juara dengan tiga tim berbeda. LeBron sudah menjadi MVP empat kali dan MVP Final empat kali. Lalu MVP dari para MVP tiga kali. Ditambah gelar perdana In-Season Tournament.

LeBron menjadi pemain yang masuk All-Star terbanyak selama 20 kali. Top skor liga pada tahun 2008, ruki terbaik, hingga pencetak poin terbanyak sepanjang masa. Di luar NBA, LeBron sudah mendapat dua emas Olimpiade. “Hanya” perunggu juara dunia 2006 dan Olimpiade Athena 2004.

Ternyata LeBron cukup terusik dengan hal itu. “Ini agak menyakitkan. Saya sudah membicarakan ini sebelumnya. Ini hampir seperti yang dikatakan Jay-Z tentang Beyonce. Bagaimana Beyonce bisa menjadi pemenang Grammy terbanyak tapi tidak pernah memenangkan Album of the Year?” tuturnya.

Bicara soal Grammy dan Beyonce, sang diva tercatat sebagai penyanyi yang memenangkan Grammy 32 kali. Tapi ia belum pernah menang dalam kategori utama yaitu album terbaik. Pada Grammy Awards 2024 lalu, Jay-Z sempat menyinggung hal tersebut. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar