IBL

Victor Wembanyama mengakui bahwa ia mengidolakan Kevin Durant. Pemain yang akrab disapa Wemby itu ingin meniru teknik-teknik KD. Setelah mengakhiri musim perdananya, Wemby akan menjalani off season untuk melatih keterampilannya.

“Ada sesuatu yang dimiliki KD. Saya tidak tahu apakah Anda menyadarinya. Tapi semua yang ia lakukan seperti sebuah gerakan yang sangat cepat. Sesuatu secepat satu mikrodetik dimana dia berhenti dan itu itu cukup untuk memberinya waktu bertahan,” kata Wemby dalam wawancara dengan The Ringer.

Sejak awal kemunculan Wemby, ia memang kerap disamakan dengan KD. Mereka punya karakteristik postur yang hampir sama. Hal itulah yang membuat Wemby menjadikan MVP 2014 tersebut sebagai panutan. Gerakan dan kelincahan KD menginspirasi Wemby.

“KD tidak pernah berlari cepat. Tapi dia hanya bergerak sangat cepat. Dia punya sesuatu yang saya sebut sebagai ‘KD Timing’ dan saya mencoba melakukannya di musim panas ini karena gerakan itu sangat sulit dilakukan,” lanjut pilihan teratas NBA Draft 2023 itu.

Wemby menyelesaikan musim perdana dalam 71 gim bersama San Antonio Spurs dengan waktu rata-rata 29,7 menit. Ia hanya absen 11 gim. Catatannya istimewa dengan 21,4 poin, 10,6 rebound, dan 3,9 asis per gim. Wemby memimpin liga dengan rata-rata 3,6 blok.

Pemuda asal Prancis itu memiliki kemampuan yang unik. Selain kemampuan bertahan, Wemby juga tajam secara offensive. Bakat passingnya juga mengesankan dengan gerakan-gerakan yang absurd. Wemby melengkapi kemampuannya dengan terus melatih tembakan jarak jauh.

Menjadikan KD sebagai panutan memang hal yang tepat untuk Wemby. KD menjadi salah satu pemain berbakat di NBA. KD pula yang memegang rekor sebagai pencetak skor termuda NBA dalam usia 21 tahun. KD memenangkan gelar itu pada musim 2009-2010 dengan 30,1 poin per gim. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar