IBL

Setelah berbulan-bulan dirundung ragu, Joel Embiid akhirnya akan bermain untuk Timnas Amerika Serika (USA) di Olimpiade Paris 2024. Namun, sebuah surat dari Embiid beredar di media. Di mana sang pemain sendiri berjanji kepada presiden Prancis Emmanuel Macron bahwa dia hanya akan bermain untuk Prancis. Artinya, Embiid sudah mengingkari janjinya sendiri.

Media Prancis RMC Sport berhasil memperoleh salinan surat yang dikirimkan Embiid kepada Macron pada 28 Oktober 2021, di mana dia dengan jelas mengungkapkan keinginannya bermain untuk Prancis, sekaligus meminta untuk memperoleh kewarganegaraan Prancis.

Embiid akhirnya memperoleh kewarganegaraan Prancis pada tahun 2022, tetapi memilih bermain untuk Amerika Serikat daripada Prancis. Terlepas dari janjinya, pemain berusia 30 tahun asal Kamerun itu mengubah rencananya dan memperoleh kewarganegaraan Amerika, dan akan berpartisipasi di Olimpiade bersama timnas Amerika Serikat.

Berita bahwa Embiid bergabung dengan LeBron James dan kawan-kawan diumumkan hari Selasa, waktu Amerika Serikat. Embiid adalah salah satu pemain yang akan membela warna Amerika di Olimpiade berikutnya. Pemain asal Philadelphia, pemegang kewarganegaraan Kamerun, Prancis, dan Amerika. 

Berikut terjemahan isi surat Joel Embiid:

Tuan Presiden,

Saya tahu minat tulus Anda terhadap bola basket dan perkembangannya, dan, lebih umum lagi, pada olahraga, yang membawa kehormatan bagi Prancis. Namun, saya menulis kepada Anda bukan untuk berbicara dengan Anda tentang musim NBA, yang sedang dibuka dan saya menaruh harapan besar pada klub saya, Philadelphia 76ers. Saya sekarang memainkan peran kepemimpinan dan bercita-cita menjadikan klub saya kandidat yang serius untuk meraih gelar.

Saya menulis untuk memberi tahu Anda tentang Prancis. Meskipun saya menghabiskan sebagian besar masa muda saya di AS dan Prancis, saya berkewarganegaraan Kamerun. Saya lahir pada tahun 1994 di Yaoundé. Oleh karena itu, Kamerun akan selalu menjadi bagian penting dari identitas saya. Namun, yang lainnya adalah orang Prancis. Faktanya, sebagian dari keluarga saya adalah orang Prancis, dan selain berbagi bahasa, saya sering tinggal di Prancis. Begitu saya mempunyai kesempatan, saya mengunjungi bibi saya, Suzanne dan Lucie, yang tinggal di Courtry dan Courcouronnes, serta sepupu pertama saya Pierre, yang tinggal di Evry. Saya memiliki kenangan indah tentang liburan musim panas yang saya habiskan di Prancis, seperti musim panas tahun 2009, di mana saya dapat menghabiskan seluruh bulan Juli menikmati ibu kota. Selain itu, saya masih rutin bepergian ke Paris, di mana saya ingin mendapatkan rumah kedua yang permanen.

Selain itu, setelah berdiskusi dengan Federasi Bola Basket Prancis, pilihan saya kini telah dibuat. Saya ingin mengambil langkah-langkah untuk mendapatkan naturalisasi Prancis dan dengan demikian memenuhi syarat untuk diseleksi bersama The Blues. Oleh karena itu, saya tidak ingin bermain untuk tim nasional lain. Saya telah mengirimkan berkas mengenai hal ini ke Kementerian Dalam Negeri dan Luar Negeri.

Saya belum pernah memakai warna tim nasional mana pun. Merupakan suatu kehormatan besar bagi saya untuk bergabung dengan tim Prancis ini untuk berpartisipasi dalam kompetisi internasional besar berikutnya, yang pertama dan terutama Olimpiade dan Paralimpiade 2024.

Saya mengukur keseriusan permintaan saya, apa yang diwakilinya, apa maknanya, namun juga dalam hal tertentu durasi dan kompleksitasnya dibandingkan dengan kriteria umum dalam pemberian kewarganegaraan. Oleh karena itu saya meminta dukungan Anda dalam inisiatif ini, tanpa dukungan maka inisiatif ini tidak akan berhasil.

Saya tentu saja siap membantu Anda dan layanan Anda untuk mendukung ambisi bersama yang kita bagi dengan tim bola basket Prancis dan para pemimpinnya.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap permintaan saya, dan meminta Anda untuk percaya, Tuan Presiden, atas ungkapan pertimbangan saya yang terdalam.

Joel Embiid

Menurut Pierrick Taisne dari RMC Sport, keputusan Embiid bermain untuk timnas Amerika Serikat merupakan sebuah penghinaan nyata bagi tim Prancis yang berharap dapat mengandalkannya di Olimpiade. Pasalnya, sang pemain sudah lama memupuk kecintaannya pada Prancis. Sampai-sampai menulis langsung kepada Presiden Republik Emmanuel Macron. Sementara itu, Federasi Bola Basket Prancis sudah lama meyakini bahwa dengan Embiid dalam roster timnasnya, mereka akan mampu melangkah lebih jauh. (*)

Foto: USA Basketball

Komentar