IBL

Saat para bintang NBA asal Amerika Serikat berbondong-bondong menyatakan minat ke Olimpiade Paris 2024, perhatian tertuju pada Joel Embiid. Timnas manakah yang akan dibela MVP NBA 2022-2023 itu? Sebuah pertanyaan yang sangat dinanti jawabannya.

Embiid memiliki kewarganegaraan Prancis sejak Juli 2022. Sebulan kemudian ia juga menerima status warga negara AS. Tidak hanya itu. Embiid bahkan bisa bermain untuk timnas Kamerun yang merupakan tanah kelahirannya. Meski Kamerun belum lolos Olimpiade Paris 2024.

Menurut laporan Brian Windhorts dari ESPN, USA Basketball telah merekrut Embiid. Tetapi pemain Philadelphia 76ers itu belum menyatakan komitmennya. Windhorts menekankan bahwa faktor kebugaran Embiid nanti yang akan menentukan pilihannya.

Jika mempertimbangkan karakteristik Embiid, besar kemungkinan ia membela AS di Olimpiade Paris 2024 nanti. Embiid berambisi memenangkan gelar. Beberapa waktu lalu ia sempat mengatakan ingin menjadi juara NBA dengan tim manapun.

Timnas AS sendiri mendominasi Olimpiade sejak 1992. Mereka hanya terlewat Olimpiade Athena 2004 yang “hanya” meraih medali perunggu. Di atas kertas AS lebih bisa memberi jaminan Embiid untuk juara.

Lalu bagaimana dengan peluang timnas Prancis? Bisa saja. Prancis sebagai tuan rumah akan mengerahkan kekuatan terbaiknya. Prancis sendiri merupakan finalis Olimpiade Tokyo 2020.

Hanya saja performa mereka hancur lebur di Piala Dunia FIBA 2023. Prancis tidak lolos fase grup. Digadang-gadang sebagai tim kuat, Les Bleus malah berakhir di urutan ke-18.

Kekuatan tim di Olimpiade dan Piala Dunia memang tidak selalu menjadi acuan. Prancis tidak datang dengan kekuatan terbaiknya. Meski di Piala Dunia FIBA 2023 mereka masih diisi pemain-pemain veteran.

Tapi di Olimpiade tahun depan, Prancis menambah amunisi baru dengan kehadiran Victor Wembanyama. Jika Wemby bisa menjalani musim NBA perdananya dengan lancar, ia mungkin bisa “merayu” Embiid untuk berlabuh ke Prancis.

Di antara AS dan Prancis itu, malah ada kemungkinan Embiid tidak ikut Olimpiade. All-Star enam kali itu telah berupaya mengatasi berbagai masalah cedera sepanjang jeda musim. Dengan intensitas pertandingan NBA yang padat, Embiid bisa saja memilih untuk beristirahat.

Apalagi musim mendatang NBA menerapkan beberapa hal baru. Seperti adanya turnamen tengah musim dan syarat bermain 65 gim musim reguler untuk penghargaan individu. Belum lagi rencana aturan rotasi pemain berlabel bintang.

Waktu jeda musim panas menjadi hal yang berharga bagi pemain. Jadi, ikut atau tidaknya Embiid ke Olimpiade Paris 2024 nanti, tergantung bagaimana kondisi kebugaran sang pemain. (rag)

Foto: NBA

Komentar