IBL

Golden State Warriors telah menunjukkan keunggulan selama dekade terakhir. Menggabungkan permainan bola basket revolusioner dengan pemain bintang, Warriors telah memenangkan empat gelar juara NBA sejak tahun 2015 dan menempatkan diri mereka di puncak rantai makanan liga. Namun, itu dulu, karena sekarang, pada musim 2023-2024 langkah Warriors terhenti pada Selasa malam (16/4) waktu Amerika Serikat, saat mereka kalah 94-118 dari Sacramento Kings di putaran pertama Turnamen Play-In.

Kekalahan besar tersebut tentu menimbulkan pertanyaan tentang masa depan trio bintang Warriors, yaitu Stephen Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green, pilar dinasti peraih gelar pada tahun 2015, 2017, 2018, dan 2022. Ini adalah musim pertama Warriors melewatkan babak playoff ketika trio bintang mereka sehat dan tersedia. 

Bintang-bintang Warriors bisa dibilang berada di masa senja karir mereka, tagihan gaji tim adalah salah satu yang tertinggi di liga dan Thompson, setelah tidak mencetak poin dalam kekalahan dari Kings, pertama kalinya dia melakukannya dalam sebuah pertandingan sejak rookie-nya musim, akan berstatus "free agent". 

Untuk salah satu franchise NBA yang paling mapan, ini akan menjadi bulan-bulan yang panjang ketika organisasi tersebut bergulat dengan pertanyaan tentang apakah tim dapat memperlengkapi kembali inti Curry, Green dan Thompson untuk terakhir kalinya.

"Masih terlalu dini bagi saya untuk memikirkan hal itu," kata pelatih Warriors Steve Kerr. "Anda berinvestasi begitu banyak pada musim ini dan ada banyak hal yang terjadi. Ini sangat emosional. Kelebihan dari bisnis ini sungguh luar biasa, itu sebabnya kita semua kecanduan. Anda harus siap ketika ada di sisi terendah."

Warriors kesulitan dalam dua musim terakhir, kalah di semifinal Wilayah Barat dari LeBron James dan Los Angeles Lakers terakhir kali sebelum gagal lolos ke babak playoff musim ini. Musim 2023-2024, Warriors dirusak oleh inkonsistensi dan kontroversi. Draymond Green menimbulkan banyak masalah bagi tim, ada perkelahian, konfrontasi dengan pemain lawan dan kemudian kehilangan banyak pertandingan untuk skorsing. Klay Thompson mengalami tahun yang naik turun, dan salah satu pemain muda tim yang lebih menjanjikan, Jonathan Kuminga, secara terbuka mengkritik kurangnya waktu bermain selama musim tersebut. 

Foto: Ezra Shaw/Getty Images

Curry, Green dan Thompson semuanya berusia pertengahan 30-an, yang berarti ada kesenjangan usia yang cukup besar dalam pergerakan pemuda Warriors, sepert Trayce Jackson-Davis dan Brandin Podziemski yang sama-sama menampilkan penampilan pendatang baru yang menjanjikan tahun ini.

Tapi batasan gaji yang tidak signifikan berarti Warriors berada jauh di atas batas maksimal liga dan meninggalkan manajer umum Mike Dunleavy Jr. tugas berat memperbarui waralaba untuk mungkin satu dorongan gelar terakhir dengan Curry masih tampil di level tinggi.

"Saya yakin mereka bisa," jawab Kerr ketika ditanya tentang kemungkinan mempertahankan Thompson, Green dan Curry. "Orang-orang ini masih merupakan pemain yang sangat bagus, jadi mudah-mudahan kami bisa mengikat Klay, Draymond, dan Steph. Kami akan kembali tahun depan." (*)

Foto: Adam Glanzman/Getty Images

Komentar