IBL

Pamor NBA sebagai liga basket terbaik di bumi memang tak bisa diragukan. Secara kualitas, pemain-pemain yang bersaing di NBA memang yang terbaik di dunia. Secara kemasan, NBA seolah tak pernah berhenti mencari inovasi untuk terus memuaskan penggemar, baik yang setia ataupun yang baru memulai perjalanan mereka. 

Khusus tentang inovasi, rasa "lapar" NBA atas hal-hal baru berujung dengan dampak signifikan yang mereka rasakan. Dalam catatan NBA yang dikutip ESPN, NBA musim 2023-2024 berhasil mendapatkan peningkatan penonton langsung di lapangan sebesar 1,4 persen. Jumlah ini sudah berhasil untuk mengalahkan rekor terbanyak NBA yang tercipta musim lalu. 

Total kehadiran penonton di lapangan untuk musim 2023-2024 mencapai 22.538.518 orang. Lebih rinci lagi, rata-rata gim NBA ditonton langsung oleh 18.324 penonton. Total ada 873 laga NBA yang tiketnya ludes terjual penuh. Jumlah gim ini setara dengan 71 persen laga NBA.  

Sebagai pembanding, musim 2022-2023, NBA mencatatkan total penonton 22.234.502 orang. Rataan penonton tiap gim di angka 18.077 dengan total laga yang tiketnya ludes terjual di angka 791 gim. Jumlah ini setara dengan 63 persen laga NBA. Secara keseluruhan, NBA menyebut bahwa setiap arena NBA terisi rata-rata 98 persen di setiap gimnya yang mana juga rekor baru. 

Dalam pendataan yang lebih lanjut, bulan November dan Desember menjadi salah satu periode di mana NBA mengalami lonjakan penonton. Tak lain karena kehadiran NBA In-Season Tournament yang melakoni debutnya di musim ini. Untuk November, NBA memiliki rataan penonton di tiap gimnya mencapai 18,208 penonton yang mana menjadi rekor NBA untuk bulan tersebut. 

Catatan penting lainnya adalah keberhasilan 10 tim yang berhasil menjual habis seluruh laga kandang mereka. Tim-tim tersebut adalah Boston Celtics, Cleveland Cavaliers, Dallas Mavericks, Denver Nuggets, Golden State Warriors, Miami Heat, Minnesota Timberwolves, Philadelphia 76ers, Phoenix Suns, dan Sacramento Kings. NBA juga mencatat ada penonton dari 150 negara yang berbeda yang membeli tiket untuk menonton pertandingan NBA musim 2023-2024. 

NBA berpeluang untuk terus menorehkan rekor penonton di musim ini. Pasalnya, seluruh laga Play-In Tournament dan Playoff NBA menyajikan partai yang cukup seru. Seluruh 20 tim yang masih melanjutkan musim mereka adalah tim terbaik di musim 2023-2024. Pertanyaan selanjutnya adalah, siapa dua tim yang akan berlaga di Final NBA nanti? Sanggupkah mereka menaikkan jumlah penonton utamanya secara global?.(DRMK)

Foto: NBA/Getty Images 

Komentar