IBL

Oklahoma City Thunder mengukir sejarah!. Memainkan laga terakhir mereka dengan menjamu Dallas Mavericks, Thunder menang telak 135-86 untuk mengunci puncak klasemen akhir Wilayah Barat, Minggu (14/4), waktu setempat. Ini jadi kali pertama Thunder finis di puncak Wilayah Barat sejak 2012-2013. Rekor akhir tim asuhan Mark Daigneault ini adalah (57-25). 

Sejak bernama Thunder di musim 2008-2009, baru dua kali Thunder ada di puncak klasemen akhir Wilayah Timur. Sedangkan jika kita tarik mundur saat masih bernama Seattle Supersonics, ada tambahan tiga musim lain yang mana mereka finis teratas di Wilayah Barat. Salah satunya berujung gelar juara di musim 1978-1979. 

Untuk tim musim ini, pencapaian lolos ke Playoff saja sejatinya sudah luar biasa. Pasalnya, Thunder terakhir kali lolos ke Playoff pada musim 2019-2020 yang berlangsung di Gelembung Orlando, Florida. Thunder kala itu masih memiliki sosok veteran Chris Paul yang menjadi mentor Shai Gilgeous-Alexander. 

Shai terus berkembang hingga musim ini menjadi salah satu kandidat MVP. Mavericks yang memarkir seluruh pemain utama mereka membuat Shai pun tampil tak berkeringat hari ini. Ia hanya bermain 15 menit dan mencetak 15 poin plus 6 asis. Shai total bermain 75 kali musim ini dan memiliki rataan lebih dari 30 poin per gim. Sudah dua musim beruntun ia memiliki rataan poin di atas 30, namun ini jadi pertama di mana ia membantu kemenangan Thunder. 

Perlu diingat juga, Thunder datang ke musim ini sebagai tim termuda kedua di NBA. Rataan usia pemain mereka adalah 23,8 tahun. Satu-satunya tim yang lebih muda dari mereka adalah San Antonio Spurs dengan 23,5 tahun. Meski akhirnya situasi sedikit berubah seiring kedatangan pemain seperti Gordon Hayward dan Bismack Biyombo, rataan usia Thunder tetap tak lebih dari 24 tahun. 

Duet ruki, Chet Holmgren dan Cason Wallace juga mengukir sejarah untuk mereka sendiri. Berdua, mereka menjadi ruki yang tampil penuh di 82 gim NBA. Meski Victor Wembanyama tampak dominan di kampanye ruki terbaik musim ini, catatan bermain penuh ini bisa jadi nilai plus untuk Holmgren. 

Thunder akan menghadapi peringkat delapan yang akan diperebutkan oleh New Orleans Pelicans, Los Angeles Lakers, Sacramento Kings, dan Golden State Warriors. Pelicans harus bermain di Play-In Tournament setelah Phoenix Suns menang atas Minnesota Timberwolves dan Pelicans kalah atas Lakers. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images 

Komentar