IBL

Kolaborasi unik baru-baru ini dihadirkan adidas. Mereka merilis sebuah sepatu lari yang memiliki akses tiket kereta api dalam kota (subway) Berlin. Bila Anda menggunakan sepatu ini, maka Anda bebas menaiki subway berkeliling ibukota Jerman secara cuma-cuma hingga 31 Desember 2018. Kolaborasi ini menggandeng perusahaan kereta api Kota Berlin, BVG (Berliner Verkehrsbetriebe), serta butik sneaker kenamaan Berlin, Overkill.

Perilisan ini juga sebagai bentuk peringatan ulang tahun BVG ke-90. BVG telah mengelola moda transportasi terjangkau bagi masyarakat Berlin sejak 1928. Promo tiket dalam sepatu ini tergolong unik karena untuk pertama kalinya BVG membuat promo tiket gratis yang tersemat di sepasang sepatu.

Tak hanya itu, adidas juga memanfaatkan momen ini dengan baik. Terlepas dari sama-sama perusahaan Jerman, adidas berkesempatan untuk memperkenalkan kembali salah satu siluet sepatu lari legendarisnya yang rilis pada 1993. Adidas EQT Support 93/17 ADV adalah sepatu yang ingin diangkat kembali pamornya tahun ini. Wajar bila adidas menyertakannya dalam promo bersama BVG.

Selain sebagai tempat perilisan, Overkill juga berkontribusi dalam kreativitas desain dan eksklusivitas. Mereka membuat sepatu ini berwarna putih kombinasi hitam sebagai warna dasar adidas EQT Support 93/17. Sedangkan ornamen warna-warni di bagian tumit belakang menggambarkan warna kursi penumpang subway. Letak tiket gratis itu berada di bagian lidah atas dengan kode khusus yang telah terdaftar di sistem pusat BVG. Tali berwarna kuning hitam juga menggambarkan warna subway BVG.

Sayangnya, tak semua orang berkesempatan mendapatkan sepatu ini. Overkill dan adidas sepakat hanya memproduksi 500 pasang. Untuk mengantisipasi adanya tiket subway di sepatu tiruan, maka adidas memasang nilon bordir bertuliskan angka 1/500 sampai 500/500 di setiap sepatu. Nomor itu tergabung dalam tiket yang terletak di bagian lidah.

Sepatu ini dilepas ke publik dengan harga €180 atau sekitar Rp3 juta. Bila promo tiket subway gratis setahun tersebut diuangkan, maka pemilik sepatu akan mendapatkan total €728 atau sekitar Rp11,6 juta. Bila ingin menggunakan tiket promo itu, pemilik sepatu harus menggunakannya dan menunjukkan kepada petugas. Sebuah penawaran yang sangat menguntungkan bagi warga Kota Berlin yang 60 persen mobilitasnya menggunakan alat transportasi umum termasuk subway.

Strategi pemasaran semacam ini sebenarnya bisa ditiru oleh berbagai perusahaan moda transportasi umum di dunia. Bisa juga dilaksanakan di Indonesia. Bayangkan bila kita bisa naik kereta api gratis selama setahun hanya dengan membeli sepasang sepatu.

Sumber Foto: I Heart Berlin, Overkill, Getty Images

Komentar