IBL

Prawira Harum Bandung menyusul Pelita Jaya ke ronde kedua Basketball Champions League (BCL) Asia Qualifier, Minggu (7/4). Dalam pertandingan penentuan, Prawira menang 94-83 atas tuan rumah Ulaanbaatar Broncos. 

Prawira tampil dominan di tengah tekanan pendukung tuan rumah. Jarak 15 poin jadi yang terjauh yang sempat mereka buat. Meski Broncos sempat mengejar hingga jarak lima poin di pertengahan kuarter empat, kombinasi apik empat pemain Prawira dalam mencetak angka membuat Prawira kembali menjauh dan mengamankan tiket berlaga di Jakarta. 

Empat pemain tersebut adalah Bradone Francis dengan 24 poin dan 4 rebound dari 9/18 tembakan. Sepanjang turnamen, Brandone menorehkan rataan 25,7 poin dari 51 persen tembakan. Yudha Saputera terus panas dari belakang garis tripoin. Ia memasukkan 4/5 tripoin dan menutup laga dengan 21 poin plus 4 rebound. Yudha total memasukkan 15/26 tripoin sepanjang turnamen atau setara dengan 58 persen. 

James Gist menunjukkan kapasitasnya dengan dobel-dobel 19 poin, 13 rebound, 4 asis, 3 steal, dan 2 blok. Veteran yang pernah bermain di EuroLeague ini memasukkan 9/12 tembakan gratis. Terakhir ada Antonio Hester yang menyumbang 11 poin, 6 rebound, 4 asis. Meski tak menyumbang dua digit angka, Pandu Wiguna dan Hans Abraham berhasil mencetak total tujuh poin dalam dua menit terakhir yang cukup membantu Prawira untuk mematikan upaya pengejaran Broncos. 

Prawira Harum Bandung BCL Asia Qualifier Round 2

Kunci kemenangan Prawira di gim ini adalah bagaimana mereka memanfaatkan tembakan gratis. Anak-anak asuh David Singleton ini mendapatkan 26 kali percobaan dan hanya meleset empat kali. Brandone dan Antonio berhasil sempurna masing-masing di lima percobaan mereka. Hal ini cukup membantu Prawira yang kalah di offensive rebound dan turnover. 

Perlawanan Broncos dipimpin oleh pemain asing mereka, Divine Myles dengan 19 poin dan 6 rebound. Anand Ariunbold dan Justin Moss masing-masing menambahkan 13 poin. Moss juga mengoleksi enam rebound sedangkan Ariunbold membukukan lima asis atas namanya. 

Prawira adalah tin ketiga yang lolos ke ronde kedua setelah Hong Kong Eastern dan Pelita Jaya. Satu tempat lagi akan diperebutkan oleh Hi-Tech Basketball Thailand dan NS Matrix Deers Malaysia. Ronde kedua akan digelar 23-26 April di Britama/Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta. Nantinya, semua tim akan kembali bertemu dalam format single round robin. Dua tim teratas akan lolls ke Basketball Champions League Asia bersama juara Liga Korea (KBL), Liga Jepang (B-League), Cina (Chinese Basket Association), dan Filipina (Philippines Basketball Association), plus dua tim dari FIBA West Asia Super League. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar