IBL

Purdue University berhasil mengamankan tiket final NCAA March Madness Men's Basketball, Sabtu (6/4), waktu setempat. Jumpa dengan North Carolina (NC) State, Purdue tampil dominan sejak awal. Tak pernah dalam posisi tertinggal, Purdue yang sempat membuka jarak sampai 20 poin menang dengan skor akhir 63-50. 

Kedua tim ini memang tidaj memiliki sejarah apik di level nasional. Untuk Purdue, ini adalah Final Four ketiga mereka sepanjang sejarah. Purdue belun pernah menjadu juara dan hanya sekali melaju ke final, itupun kalah. Kekalahan itu terjadi pada 1969. NC State tak jauh berbeda. Ini adalah Final Four perdana mereka sejak 1983. NC State memang sudah pernah dua kali keluar sebagai juara nasional, tapi itu terjadi pada 1974 dan 1983. 

Untuk Final Four kali ini, semua mata tertuju pada matchup bigman keduanya yakni Zach Edey di Purdue dan D.J. Burns untuk NC State. Keduanya mendominasi babak-babak sebelumnya dan selalu menjadi kuncu kemenangan tim. Namun, pertemuan kali ini menunjukkan bahwa Edey memang bigman yang solid dan layak mendapatkan gelar pemain terbaik yang diberikan oleh Associated Press. 

Bermain 40 menit, Edey dobel-dobel 20 poin plus 12 rebound. Pemain asal Kanada yang menjadi bagian dari tim nasional di Piala Dunia FIBA 2023 lalu ini menambahkan 4 asis dan 2 blok. Ia memasukkan 9/12 tembakan dan sempurna 2/2 dari tembakan gratis. Burns yang bermain 27 menit benar-benar kesulitan. Ia hanya membukukan 8 poin dan 4 asis dari 4/10 tembakan. Ini adalah catatan poin terendah kedua Burns dalam 10 gim terakhir. Ia sempat hanya mencetak empat poin saat melawan Marquette. Bedanya, Burns hanya menembak empat kali di laga itu. 

Secara keseluruhan NC State memang tak menemukan jawaban atas permainan Purdue. Catatan 50 poin bahkan jadi yang terendah dalam satu gim musim ini. Mereka pun sempat meleset 10 kali beruntun pada babak kedua yang membuat Purdue terus membuka jaram. Secara keseluruhan, NC State hanya memasukkan 36 persen tembakannya dan 26 persen dari tripoin. 

Purdue akan coba meraih gelar perdananya di sejarah sekolah, lusa. Mereka akan menghadapi pemenang antara University of Alabama dan University of Connecticut. Sepanjang turnamen nasional March Madness ini, Purdue hanya sekali tidak menang dengan selisih dua digit poin. Kemenangan ittu terjadi saat mereka mengalahkan University of Tennessee 72-66 di babak Elite Eight. Tennessee adalah lawan dengan status unggulan tertinggi yang mereka temui dengan status unggulan kedua. (DRMK)

Foto: NCAA

Komentar