IBL

Zach Edey sudah siap masuk NBA. DIlansir melalui The Athletic, center Purdue Boilermakers itu menyatakan mengikuti NBA Draft 2024. Event tersebut dijadwalkan pada 26-27 Juni 2024 di Barclays Center, New York.

Masuknya Edey ke NBA Draft 2024 sudah diprediksi sebelumnya. Pada bulan Februari lalu, Pelatih Purdue Matt Painter mengatakan Edey tidak akan bermain di musim terakhirnya dengan Boilermakers.

Edey memang masih memenuhi syarat untuk tampil sekali lagi di NCAA. Itu terjadi setelah kebijakan tambahan karena pandemi Covid-19 untuk angkatan 2020. Turnamen tahun 2020 ditiadakan.

Tetapi pemain asal Kanada itu tidak menggunakannya. Edey akan mengikuti NBA Draft setelah empat musim bersama Purdue. Apalagi ia membawa Purdue masuk final pertama dalam sejarah.

Pada final NCAAA Division I 2024, Purdue harus mengakui keunggulan UConn Huskies 75-60. Edey mencatat 37 poin dan 10 rebound pada gim itu. Ia juga tidak meninggalkan NCAA dengan tangan hampa. Edey mendapat gelar sebagai National College Player of the Year 2023 dan 2024.

Edey mencatat rata-rata 25,2 poin per gim dalam musim terakhirnya dengan Purdue. Meningkat cukup signifikan dari musim lalu dengan 22,3 poin ditambahkan karier tertinggi dalam 12,9 rebound.

Tidak hanya kontribusi di Purdue. Edey juga ikut ambil bagian dengan timnas Kanada di Piala Dunia FIBA 2023. Edey sempat tampil di Indonesia Arena, Jakarta. Pada akhirnya, Kanada mengandaskan AS dalam perebutan medali perunggu.

Meski cukup dominan di NCAA, tidak ada jaminan ia akan terpilih di NBA Draft. Dari beberapa prediksi, Edey mungkin bisa menjadi urutan ke-15 hingga ronde kedua. (rag)

Foto: Getty Images, FIBA

Komentar