IBL

Datang sebagai juara bertahan, University of Connecticut (UConn) menunjukkan kelasnya, Sabtu (6/4), waktu setempat. Memainkan babak Final Four atau semifinal NCAA March Madness Men's Basketball melawan University of Alabama, UConn tampil solid di lima menit terakhir gim untuk menang 86-72. Kemenangan yang membuat UConn kembali ke final dan akan menghadapi Purdue university. 

Sebagai unggulan keempat, Alabama benar-benar menunjukkan bahwa mereka ingin memberikan kejutan. Mereka menahan UConn di skor 56 sama saat babak kedua tersisa 12 menit. Sayangnya, konsistensi Alabama perlahan memudar di sisa laga. Pertahanan solid UConn ditambah serangan yang variatif membuat UConn selalu menemukan celah di pertahanan Alabama. Dunk Donovan Cilingan di sisa dua menit gim menjadi dunk yang meruntuhkan semangat Alabama di pertandingan ini. 

Cilingan pun secara keseluruhan memberikan performa yang solid. Bermain 29 menit, pemain tahun kedua ini mencetak 18 poin, 5 rebound, dan 4 blok dari 8/14 tembakan. Top skor UConn sendiri adalah Stephon Castle dengan 21 poin plus 5 rebound. Pemain tahun pertama ini juga cukup efektif dengan 7/13 tembakan. Tiga starter lain UConn juga mencetak dua digit poin. Cam Spencer dan Alex Caraban masing-masing 14 poin dan 8 rebound sedangkan Tristen Newton 12 poin plus 9 asis. 

UConn akan mencoba untuk meraih gelar back-to-back pertama dalam sejarah sekola. Sebelumnya, UConn sudah lima kali ke final dan seluruhnya berhasil mereka menangi. Dalam sejarah NCAA March Madness Men's Basketball sendiri, belum ada tim putra yang juara back-to-back sejak Univeristy of Florida pada 2006 dan 2007. 

Purdue akan jadi unggulan pertama yang UConn temui di turnamen ini. Pun demikian sebaliknya bagi Purdue. Yang cukup impresif adalah fakta bahwa UConn selalu menang dengan jarak besar atas lawan-lawannya. Jarak 14 poin atas Alabama ini adalah yang paling tipis. UConn juga belum kalah dalam 11 gim terakhir mereka. Sepanjang musim, UConn hanya kalah tiga kali yang uniknya dua di antaranya terjadi dengan selisih dua digit poin. 

Partai Final NCAA March Madness Men's Basketball akan digelar lusa, masih di State Farm Stadium, Phoenix Arizona. (DRMK)

Foto: NCAA

Komentar