IBL

March Madness Women's Basketball akan memasuki babak semifinal atau Final Four pada Sabtu (6/4), waktu Indonesia. Iowa berhadapan dengan UConn menjadi laga yang paling ditunggu. Namun, peluang NC State untuk mengejutkan South Carolina pun masih terbuka. 

Meski banyak mata akan tertuju ke dua gim tersebut, hal mengenai pemain-pemain putri lain yang telah gugur di babak sebelumnya juga menarik diikuti. Bintang Louisiana State University (LSU), Angel Reese, memastikan dirinya akan ikut WNBA Draft 2024. Namun, rekan satu timnya, Hailey Van Lith, memiliki keputusan lain. 

ESPN menyebutkan, Haley tidak akan mengikuti langkah Angel, setidaknya tidak musim ini. Sumber yang berbicara kepada ESPN mengatakan bahwa Hailey telah memasukkan namanya ke transfer portal atau yang berarti ia masih akan bermain satu musim lagi di NCAA dan berpindah sekolah dari LSU. 

Hailey sendiri sudah memasuki musim keempat di NCAA. Sejatinya, ia sudah bisa memasukkan namanya ke daftar WNBA Draft. Namun, karena Hailey tercatat sebagai pemain angkatan pandemi virus korona, NCAA memberikan tambahan satu musim untuk tetap bermain di level kampus. Sebelumnya, pemain harus sudah lulus pendidikan empat tahun mereka untuk bisa bermain di musim kelima. 

Jika sungguh terjadi, maka ini akan jadi transfer kedua Hailey dan tim ketiganya. Sebelum LSU, Hailey menghabiskan tiga musim bersama Louisville Cardinals. Pada musim ketiganya, Hailey memimpin tim lolos ke Final Four dan memiliki rataan 19,7 poin per gim.

Catatan ini cukup jauh ketimbang yang ia dapatkan dengan LSU. Dalam 33 gim di mana ia bermain 31,3 menit per gim, Hailey memiliki sumbangsih 11,6 poin  saja. Ia hanya melepaskan 9,9 tembakan per gim yang jadi terendah sejak musim pertamanya di NCAA. (DRMK)

Foto: NCAA

Komentar