IBL

Oklahoma City Thunder mengalahkan Phoenix Suns, 128-103, pada Jumat malam (29/3) waktu Amerika Serikat, meskipun garda All-Star Shai Gilgeous-Alexander harus absen karena paha kanannya memar. Josh Giddey mencetak 23 poin untuk membantu Thunder menyapu Suns.

Giddey, yang rata-rata mencetak 12 poin per gim, kini memiliki rata-rata 26,3 dalam tiga pertandingan terakhirnya. Dia membuat 10 tembakan dari 15 percobaan melawan Suns. Pemain asal Australia tersebut juga membuat 9 asis dan 7 rebound. Dia membantu Thunder tetap berada di posisi yang baik untuk playoff. 

"Mungkin yang pertama, sekitar 50 pertandingan, saya dulu terlalu banyak pikiran," katanya. "Sering kali ketika saya menyentuh bola, saya terlalu memikirkan apa yang saya lakukan. Dan, sulit untuk bermain seperti itu. Anda tahu, sulit untuk bermain dengan bebas dan nyaman ketika itu yang terjadi.”

Ketika Giddey sudah berhasil mengalahkan pikirannya, maka dia menghasilkan 65 persen field goals dalam rentang tiga pertandingan. "Sekarang saya telah mengubah pola pikir saya menjelang pertandingan yang seperti ini, jika ada tim yang membiarkan saya terbuka, saya akan menghukum mereka dan saya akan membuat mereka membayar dan membuat mereka mengubah skema pertahanan mereka," imbuhnya.

Upaya untuk mengisi kekosongan Gilgeous-Alexander dilakukan secara kolektif. Chet Holmgren mencetak 20 poin dan Jalen Williams serta Cason Wallace masing-masing menambahkan 16 poin untuk Oklahoma City. Tanpa Gilgeous-Alexander, Thunder masih menembakkan 56,3 persen dan membuat 16 tripoin dari 30 percobaan. 

Kevin Durant mencetak 26 poin untuk Suns. Penggemar Thunder masih belum memaafkannya karena meninggalkan Oklahoma City untuk bergabung dengan Golden State Warriors setelah musim 2015-2016. Mereka mencemoohnya saat perkenalan sebelum pertandingan dan setiap kali dia menyentuh bola setelah pertandingan dimulai. Thunder menyapu bersih seri musim ini dengan skor 3-0, sesuatu yang tidak dianggap Durant sebagai masalah besar.

"Saya menyukai peluang kami untuk mendapatkan siapa pun," katanya. "Siapa tahu, mungkin kita bisa bertemu mereka lagi. Namun Anda harus angkat topi kepada mereka. Mereka memainkan bola basket yang hebat."

Bradley Beal mencetak 15 poin dan Devin Booker menambahkan 14 poin untuk Suns, yang terpeleset saat mereka mencoba menghindari Turnamen Play-In. Mereka mengawali malam itu dengan menduduki peringkat ketujuh Wilayah Barat, tertinggal setengah pertandingan dari Dallas Mavericks yang menduduki peringkat keenam. Suns harus finis di urutan keenam atau lebih baik agar tidak masuk zona Play-In. (*)

Foto: Arizona Sports - Getty Images

Komentar