IBL

Russell Westbrook sudah pulih dari cedera patah tangan kiri. Pelatih Clippers Tyronn Lue mengatakan bahwa Westbrook bisa melantai pekan depan. Paling cepat besok saat Clippers menjamu Philadelphia 76ers di Crypto.com Arena, Los Angeles.

Westbrook menepi sejak 1 Maret 2024. Cedera itu ia dapat saat kemenangan Clippers atas Washington Wizards 140-115. Bermula saat Westbrook berupaya mencuri bola dari Jordan Poole di kuarter kedua. Kemudian Westbrook meninggalkan lapangan dan tidak kembali di sisa pertandingan.

Ternyata cedera itu cukup parah. Ia harus menjalani operasi. Tindakan operasi ini yang membuat pemain memerlukan waktu pemulihan yang lama. Untungnya tidak sampai mengakhiri musim Westbrook tahun ini.

MVP NBA 2017 hanya menjalani pemulihan selama tiga minggu. Artinya ia masih bisa membantu Clippers di sisa musim reguler. Setelah operasi itu, Westbrook telah melewatkan 11 gim.

Tanpa Westbrook, Clippers hanya melaju 6-5. Untungnya kemarin mereka mengamankan kemenangan 125-117 dari Portland Trail Blazers. Hanya saja Clippers hampir pasti terdepak dari persaingan unggulan teratas Wilayah Barat. Tetapi dengan rekor 44-25, mereka cukup aman untuk memastikan diri ke playoff.

Westbrook rata-rata mencetak 11,1 poin, 5,1 rebound, dan 4,4 asis dalam 58 gim musim ini. Dalam 10 gim pertama musim 2023-2024, Westbrook mengisi starter Clippers. Tapi perannya berubah sejak kedatangan James Harden pada November 2023.

Sempat tidak stabil usai pertukaran, Clippers menemukan sistemnya dengan menggeser Westbrook ke bangku cadangan. Sejak saat itu, Clippers melaju 28-8. Kembali Westbrook bisa menjadi angin segar bagi Clippers. Sebab, mereka belum stabil. Dari lima gim terakhir, Clippers tiga kali menang.

Selain Westbrook, Clippers juga masih kehilangan kandidat Sixth Man of the Year Norman Powell. Ia absen dalam tiga gim terakhir. Kembalinya Westbrook akan sangat membantu Clippers mengamankan posisi unggulan keempat. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar