IBL

Jock Landale membukukan 17 poin, 12 rebound, 5 asis, dan 2 blok dalam kemenangan 127-117 atas Chicago Bulls pada hari Jumat (21/3) waktu Amerika Serikat. Pemain asal Australia menikmati malam-malamnya bersama Rockets saat Alperen Sengun menepi karena cedera, dan menjaga harapan Rockets ke playoff NBA mereka tetap hidup. 

"Ini melelahkan tapi menyenangkan," kata Landale setelah kemenangan tersebut. "Selalu menyenangkan mendapat kesempatan untuk tampil bersama para pemain guna mendorong Turnamen Play-In. 

Landale melakukan enam dari 10 percobaan untuk mencetak poin, ditambah lima tembakan gratis, saat laju impresif tuan rumah di akhir musim berlanjut dengan kesuksesan ketujuh berturut-turut. 

"Itu luar biasa," kata pelatih kepala Rockets Ime Udoka tentang penampilan Landale. "Kami mengakuinya di ruang ganti... dia adalah bagian dari unit yang benar-benar membuat kami maju, dari sudut pandang energi - bertemu pemain di pinggir lapangan, melakukan permainan yang tepat di sana, dan menghalangi tembakan."

Setelah menerima 19 DNP dan bermain dengan sedikit menit bermain, Landale berubah jadi pemain kunci, menyusul potensi cedera hingga akhir musim yang dialami center Alperen Sengun. Landale melangkah untuk mengisi kekosongan dalam area kunci Rockets. Dalam lima pertandingan sejak cederanya Sengun, Landale telah bermain 22,3 menit per pertandingan sebagai pemain pengganti. Landale membantu Rockets mencatatkan tujuh kemenangan beruntun. 

Dengan 13 pertandingan tersisa, lolos ke Play-In akan menandai langkah besar ke arah yang benar bagi Houston Rockets, setelah hanya  mencatatkan 22, 20, dan 17 kemenangan dalam tiga musim terakhir mereka. Namun, mereka masih harus menghadapi beberapa pertandingan sulit, yaitu melawan Oklahoma City Thunder, Dallas Mavericks dan Golden State Warriors sebelum musim berakhir.

Landale berada di tahun pertama dari kontrak empat tahun senilai 32 juta dolar Amerika yang dia tandatangani dengan Rockets sebagai pemain "free agent" musim lalu. Hanya tahun pertama kontraknya yang dijamin sepenuhnya. Sementara pada musim 2024-2025 dia bisa saja dibebaskan dari kontrak oleh Rockets. Namun melihat kontribusinya sekarang, rasanya Jock Landale akan dipertahankan Rockets sampai akhir masa kontraknya. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar