IBL

Dilansir situs The Athletic bahwa Ime Udoka akhirnya bekerja lagi sebagai kepala pelatih NBA. Dia direkrut oleh Houston Rockets, setelah tim tersebut berpisah dengan Stephen Silas. Pelatih Udoka diberhentikan pada musim 2022-2023 dari Boston Celtics karena pelanggaran kebijakan tim. Akhirnya Celtics menugaskan Joe Mazzulla sebagai kepala pelatih. Udoka dianggap sosok yang tepat untuk membangkitkan Rockets. 

Di tangan Stephen Silas, Rockets hanya menang 57 kali dalam tiga musim. Catatan kekalahannya sendiri mencapai 177 kali. Jelas ini bukan rekor yang bagus sejak kepergian James Harden dan manajer Daryl Morey. Proyek membangun kembali tim ini dengan pemain-pemain usia muda juga gagal dilakukan Silas dalam tiga tahun. Akhirnya, setelah musim 2022-2023, pelatih Silas tidak diperpanjang masa tugasnya. 

Menurut Shams Charania, ada beberapa kandidat pelatih yang disiapkan Rockets. Selain Udoka, ada Nick Nurse mantan pelatih Raptors, Kenny Atkinson mantan pelatih Warriors, Frank Vogel mantan pelatih Lakers, James Borrego mantan pelatih Hornets, dan asisten pelatih Raptors Adrian Griffin. Akhirnya pilihan Rockets jatuh pada Ime Udoka. 

Rockets belum pernah melihat playoff sejak musim 2019-2020, ketika tim kalah dari Los Angeles Lakers. di semifinal Wilayah Barat. Memilih Udoka menjadi kebijakan yang bagus bagi Rockets. Sebelum diberhentikan Celtics, Udoka sedang menuju musim keduanya sebagai pelatih setelah mengambil alih pada jabatan tersebut dari Brad Stevens pada bulan Juni 2021. Celtics bermain 51-31 di musim reguler 2021-2022 dan berhasil mencapai Final NBA, di mana mereka kalah dalam enam pertandingan dari Golden State Warriors. Udoka sebelumnya adalah asisten pelatih di  San Antonio Spurs, Philadelphia 76ers, dan Brooklyn Nets .

Selain Rockets, Nets awalnya berencana untuk mempekerjakan Udoka sebagai pelatih mereka. Tetapi pada bulan November 2022, Nets memilih untuk mempromosikan asisten pelatih Jacque Vaughn menjadi kepala pelatih. Keputusan ini diambil Nets agar tidak mempengaruhi stabilitas tim yang goyang pasca keluarnya Kyrie Irving dan Kevin Durant. Pada akhirnya Nets berhasil menembus playoff 2022-2023, namun disapu oleh Philadelphai 76ers. (*) 

Foto: Sportsnet

Komentar