IBL

Kevin Durant melampaui Shaquille O’Neal. Hari ini KD menjadi pencetak poin terbanyak kedelapan NBA. Kurang dari sebulan yang lalu, KD telah mendepak Carmelo Anthony ke posisi 10.

KD tercatat mengoleksi 28,610 poin. Angka tersebut terkumpul dalam 1048 pertandingan. Raihan itu melebihi rekor Shaq. Legenda Los Angeles Lakers itu memiliki 28,596 poin dalam 1207 gim.

“Saya bersyukur bisa masuk dalam kategori bersama beberapa pemain terhebat. Kita semua tahu apa yang telah Shaq lakukan dalam pertandingan. Bisa berada dalam daftar itu bersamanya adalah sebuah kehormatan yang luar biasa,” kata KD usai pertandingan.

Baca juga: Usai Moses Malone, KD Geser Carmelo Anthony di Posisi 9, Berikutnya Rekor Shaq

Rekor KD terjadi saat membawa Phoenix Suns membungkam Philadelphia 76ers 115-102 di Footprint Center, Arizona. Hasil tersebut membuat kedudukan mereka imbang 1-1 di musim ini. KD juga membantu memastikan Suns memiliki rekor identik 40-29 dari Dallas Mavericks.

Dalam pertandingan tersebut, KD menyumbang 22 poin dari 10 tembakan (18 percobaan). Ada 2 tripoin tepat sasaran dari 6 percobaan. Tanpa tembakan gratis. Selama 36 menit, KD juga mencatat 8 rebound, 4 asis, dan 3 blok.

Shaq, yang saat ini menjadi analis NBA, mengucapkan selamat kepada KD. Dalam siaran di Inside the NBA di TNT, Shaq memberi pesan khusus kepada KD yang telah melampaui rekornya tersebut.

“Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat karena telah melewatiku dan menjadi pencetak skor kedelapan NBA. KD layak mendapatkannya. Tetapi kalian semua tahu ia tidak akan berhenti sampai sini. Mungkin kita akan melihat dia bisa mendapatkan nomor satu,” ujar Shaq.

“Sekali lagi selamat. Semua dikerjakan dengan baik. Saya tahu dia akan melakukannya. Jika ada yang bisa melalui rekor saya, itu pasti adalah KD,” lanjut 15 kali All-Star dan MVP NBA 2000 itu.

KD selanjutnya mengejar rekor Wilt Chamberlain yang memiliki 31,419 poin. Dilanjutkan dengan Dirk Nowitzki (31,560) dan Michael Jordan (32,292). Cukup berat jika harus mengejar nomor satu milik LeBron James dengan 40,179 poin. KD menjadi pemain aktif kedua dengan poin terbanyak. Ia memiliki rata-rata 27,7 poin, 6,7 rebound, dam 5,3 asis per gim. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar