IBL

Dalam lima gim terakhir, Philadelphia 76ers hanya meraih satu kemenangan. Mereka juga keok dari Memphis Grizzlies 109-115 pada 6 maret 2024. Sixers hari ini tak berkutik melawan Milwaukee Bucks 105-114 di Fiserv Forum. Posisi Sixers anjlok di zona play-in dengan rekor 36-30.

Pelatih Bucks, yang musim lalu menangani Sixers, Doc Rivers, memberi bocoran bagaimana ia melalui masa-masa Embiid absen. Rivers mengakui memang sulit menggantikan pemain yang mendominasi permainan di banyak arena.

“Ada beberapa pemain, contohnya (Nikola) Jokic yang saat diganti, Anda harus bermain dengan cara yang sangat berbeda. Itu sama saja dengan Joel. Anda perlu bermain secara berbeda dan menemukan cara untuk memenangkan pertandingan,” kata Rivers dilansir melalui USA Today.

Seiring berjalannya waktu, Rivers menemukan solusinya. Selama tiga musim saat Embiid absen, rekor mereka membaik. Rivers tiga musim menjadi pelatih Sixers. Pada 2020-21, mereka menelan 10-11. Kemudian 6-8 pada 2021-2022. Pada 2022-2024, Sixers memiliki rekor 11-5 tanpa Embiid.

“Saya melihat rekor Sixer sangat buruk tanpa Joel. Saya menjadikannya sebagai sebuah tim seperti kami harus memenangkan pertandingan saat Joel tidak bermain. Kami berhasil. Tapi butuh waktu. Dan memang sulit,” lanjutnya.

Embiid menepi selama enam pekan. Ia menjalani pemulihan usai operasi lutut kiri. Embiid diprediksi akan kembali dalam waktu dekat. Sebelumnya ia diperkirakan absen selama satu bulan.

Tapi Embiid tidak ingin terburu-buru. Kemungkinan pemulihannya memang lebih lama dari perkiraan. Pada awal Maret lalu, Embiid enggan menjabarkan tentang kondisinya lebih lanjut. “Pola pikiranya tetap sama. Jika saya merasa baik, saya akan bermain,” kata MVP 2023 itu.

Sebelum mengalami cedera di gim melawan Warriors pada 30 Januari 2024, Embiid menjadi kandidat favorit MVP. Ia memiliki rata-rata tertinggi dengan 35,3 poin, 11,3 rebound, dan 5,7 asis dalam 37 gim. Sayangnya, dengan syarat minimal 65 gim, Embiid tidak bisa mempertahankan gelar MVP-nya musim ini. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar