IBL

D'Angelo Russell menampilkan permainan terbaiknya sebagai anggota Los Angeles Lakers, memimpin timnya meraih kemenangan 123-122 atas Milwaukee Bucks, Jumat malam (8/3) waktu Amerika Serikat. Russell dengan mudah menjadi pemain terbaik di lapangan, dan melakukan semua yang dibutuhkan Lakers darinya, termasuk mencetak poin penentu kemenangan.

Lakers tidak diperkuat LeBron James, yang sedang memulihkan diri dari cedera pergelangan kaki yang dideritanya pada saat-saat terakhir kekalahan mereka dari Sacramento Kings. Namun, ada optimisme bahwa serangan Lakers tidak akan hilang sepenuhnya di lapangan karena permainan garda utama mereka yang luar biasa. Russell berada dalam kondisi panas sejak batas waktu perdagangan (trade deadline), tetapi tanpa LeBron James di lineup, Russell membawa permainannya ke level yang berbeda.

Russell menyelesaikan laga dengan catatan 44 poin. Menandai poin terbanyak kedua dalam kariernya dan total poin permainan tunggal tertinggi selama tahun keduanya bersama Lakers. Aspek yang paling mengesankan dari kinerja Russell adalah dia bermain efisien. Dia hanya menyelesaikan dengan dua turnover, tembakan 68 persen dari lapangan dan 75 persen tembakan tiga angka yang luar biasa. Russell hanya melakukan tembakan gratis satu kali sepanjang pertandingan, yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam penampilan besar di NBA saat ini. 

Sebaliknya, Damian Lillard tidak menjalani permainan yang buruk, karena ia menyelesaikannya dengan 28 poin dan 12 asis. Namun dia hanya kesulitan mencetak poin, karena hanya mencetak 04 tripoin dari 12 percobaan. Malik Beasley adalah pemain yang ditugaskan di Russell, tapi itu tidak bertahan lama. Lakers memburu Damian Lillard di lini pertahanan, melakukan berbagai aksi screen-and-roll untuk membuat Lillard terkunci.

Sementara itu Anthony Davis yang bermain selama 41 menit, ternyata harus berjuang mengatasi rasa tidak nyaman di bahu kirinya. Untuk sebagian besar kuarter keempat, Davis tidak seperti biasanya dan tidak terlihat nyaman dalam menyerang atau bertahan. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah ketika Lakers pada akhirnya bisa memenangkan pertandingan setelah Russell memasukkan bola dengan floater di detik-detik terakhir. 

Setelah kemenangan ini, Lakers naik ke peringkat kesembilan di Wilayah Barat dan hanya tertinggal tiga gim dari unggulan keenam. Musim lalu mereka memainkan bola basket terbaik menjelang postseason, tapi harus melewati turnamen play-in sebelum masuk ke playoffs. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar