IBL

Kansas City Chiefs adalah juara Superbowl LVIII, Minggu, (11/2), waktu setempat. Kepastian ini mereka dapatkan setelah menang 25-22 atas San Francisco 49ers lewat babak tambahan waktu (overtime). Sebelumnya, kedua tim sama kuat di angka 19 di waktu normal. Aturan babak tambahan waktu NFL adalah setiap tim mendapatkan masing-masing satu penguasaan bola (drive) dalam waktu satu kuarter 15 menit. Siapapun yang mampu mencetak angka lebih banyak di waktu dan penguasaan bola tersebut akan menjadi pemenangnya. 

Dalam babak overtime, Niners (sebutan San Fransisco) tak mampu mengonversi penguasaan bola mereka menjadi touchdown. Mereka terhenti di batas 27 yards yang akhirnya memaksa Niners mengambil tendangan (field goal) yang dieksekusi oleh Jake Moody. Sayangnya, Moody juga yang membuat Niners tak mampu mengamankan kemenangan di waktu normal. Saat Niners berhasil mendapatkan touchdown di kuarter empat yang membuat mereka unggul (16-13), Moody tak mampu menyelesaikan extra point. Tendangannya terkena blok karena cukup rendah dan akhirnya Chiefs berhasil menyamakan kedudukan lewat field goal.

Penguasaan bola selanjutnya di overtime menjadi milik Chiefs sepenuhnya. Meski sempat bertaruh dengan mengambil fouth down di jarak 34 yard areanya sendiri, Chiefs lantas kemudian menemukan banyak ruang di pertahanan Niners. Siapa lagi kalau bukan sosok Patrick Mahomes yang terus menemukan rekan-rekannya dengan baik. Terakhir, Mahomes mengirim umpan kepada Mecole Hardman dari jarak 3 yards untuk memastikan gelar back-to-back Chiefs. Chiefs adalah tim pertama sejak New England Patriots pada 2003 dan 2004 yang mampu meraih gelar back-to-back. 

Ini adalah gelar ketiga Mahomes bersama Chiefs. Ia juga mendapatkan gelar MVP Superbowl dalam jumlah yang sama. Mahomes menutup gim kali ini dengan catatan 34/46 lemparan, 333 yards, dan total 2 touchdown. Ia adalah pemain pertama yang mampu meraih tiga gelar juara Superbowl sebelum menginjak usia 30 tahun. Mahomes baru berusia 28 tahun dan baru memasuki musim keenamnya di NFL. Rekor gelar juara Superbowl terbanyak oleh satu pemain dipegang oleh Tom Brady dengan 7 gelar juara dan total 5 gelar MVP Superbowl. (DRMK)

Foto: NFL

Komentar