IBL

Peta persaingan MVP NBA 2023-2024 berubah ketika Joel Embiid menjalani prosedur medis untuk menyembuhkan cedera meniskus kiri. Karena ini akan membuat MVP musim lalu absen setidaknya selama empat pekan ke depan. Jika terus absen, maka Embiid akan tersingkir dari persaingan MVP musim ini karena tidak memenuhi syarat minumum 65 pertandingan. Sehingga peta persaingan peraih MVP musim ini berubah, dengan masuknya Luka Doncic. 

"Saya berbicara dengannya (Joel Embiid) setiap hari. Saya merasa sangat kasihan padanya. Dia menjalani musim yang bersejarah. Semua yang telah dia lakukan, mulai dari berlatih keras dan mempersiapkan diri dengan keras, dia melakukan semuanya pada level super tinggi," kata kepala pelatih Philadelphia 76ers Nick Nurse tentang cedera Embiid.

Embiid memimpin NBA dengan catatan 35,3 poin per gim. Ditambah lagi dia sedang dalam performa yang bagus untuk menjadi pemain kedua dalam sejarah liga di belakang Wilt Chamberlain (1961-1962) yang memiliki rata-rata poin per gim, setidaknya satu poin per menit dimainkan. Dalam 1.157 menit, Embiid telah mengumpulkan 1.201 poin. Tapi Sixers yang berada di posisi kelima, dengan memiliki rekor 1-5 dalam enam pertandingan terakhir, tanpa Embiid. 

Saat ini, NBA sudah mengumpulkan lima nama teratas yang menjadi kandidat MVP, dengan Nikola Jokic sebagai urutan pertama. Bintang utama Nuggets tersebut mengumpulkan 26,3 poin, 12,2 rebound, dan 9 asis per gim. Jokic mencatatkan 32 pertandingan dengan 25 poin atau lebih, 5+ rebound, dan 5+ asis per pertandingan. 

Menyusul Jokic, ada bintang Oklahoma City Thunder Shai Gilgeous-Alexander. Dia punya rata-rata 31,1 poin, 5,6 rebound, dan 6,6 asis sejauh ini. SGA adalah pemain kedelapan dalam sejarah NBA yang menghasilkan 30+ poin dalam 30 pertandingan dari total 41 laga yang dimainkan musim ini. 

Peringkat ketiga ditempati oleh Giannis Antetokounmpo dari Milwaukee Bucks. Pemain asal Yunani ini hanya lima kali tampil dengan kontribusi kurang dari 20 poin. Rata-ratanya musim ini adalah 31,1 poin, 11,2 rebound, dan 6,4 asis per gim. Sebelum Embiid cedera, Giannis berada pada peringkat keempat dari lima kandidat MVP liga musim ini. 

Lanjut ke peringkat keempat, ada Luka Doncic dari Dallas Mavericks. Doncic masuk menjadi kandidat keempat setelah Embiid cedera. Doncic mencetak rata-rata 34,6 poin, 8,8 rebound, dan 9,5 asis per gim. Dia mencetak 30+ poin dalam 34 pertandingan musim ini. Serta 29 kali dobel-dobel di musim 2023-2024. Catatan Doncic kemungkinan besar akan bertambah setelah jeda All-Star. 

Sementara untuk peringkat kelima tidak berubah. Ada Jayson Tatum dari Boston Celtics, yang mencetak 26,9 poin, 8,4 rebound, dan 4,5 asis per gim. Tatum telah mencatatkan 33 pertandingan dengan enam atau lebih tripoin. Catatan ini menempatkan Tatum sebagai pemain peringkat kedua di belakang Paul George, untuk kategori forward/center. 

Setelah lima teratas, NBA juga menempatkan pemain di posisi keenam hingga kesepuluh. Mereka adalah Kawhi Leonard (LA Clippers), Domantas Sabonis (Sacramento Kings), Kevin Durant (Phoenix Suns), Donovan Mitchell (Cleveland Cavaliers), dan Anthony Davis (Los Angeles Lakers). (*)

Foto: DFW Pro Sports

Komentar