IBL

USAB (Federasi Bola Basket Amerika Serikat) merilis daftar nama pemain timnas putri untuk mengikuti Kualifikasi Olimpiade 2024. MVP WNBA Breanna Stewart akan memimpin tim tersebut. Tujuh dari 12 pemain timnas putri Amerika Serikat pernah meraih medali emas Olimpiade dan Piala Dunia FIBA. 

Timnas putri Amerika Serikat sudah pasti mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024 di Paris. Karena mereka adalah juara FIBA World Cup Women's 2022. Namun Amerika Serikat tetap harus mengikuti kualifikasi untuk mendapatkan kesinambungan dan bersaing dengan lawan yang lebih berkualitas. Mereka akan memainkan tiga pertandingan kualifikasi pada 8-11 Februari, melawan Belgia, Nigeria, dan Senegal.

Berikut ke-12 pemain timnas putri Amerika Serikat, yang akan mengikuti Kualifikasi Olimpiade 2024:

1. Ariel Atkins - Washington Mystics 
2. Aliyah Boston - Indiana Fever 
3.Napheesa Collier - Minnesota Lynx 
4. Kahleah Copper - Chicago Sky 
5. Rhyne Howard - Atlanta Dream 
6. Sabrina Ionescu - New York Liberty 
7. Jewell Loyd - Seattle Storm 
8. Kelsey Plum - Las Vegas Aces 
9. Breanna Stewart - Free agent 
10. Diana Taurasi - Phoenix Mercury 
11. Alyssa Thomas - Connecticut Sun 
12. Jackie Young - Las Vegas Aces

Tujuh pemain dalam daftar tersebut pernah meraih gelar di level tertinggi. Atkins, Collier, Loyd, Plum, Stewart, Taurasi dan Young telah memenangkan medali emas Olimpiade. Kemudian Copper, Ionescu dan Thomas semuanya memenangkan medali emas Piala Dunia FIBA untuk wanita. Sementara itu, Boston dan Howard, dua pemain termuda di skuad, akan melakukan debut tim nasional senior di Antwerp. 

Sebagai kepala pelatih, USAB menunjuk Cheryl Reeve dari klub Minnesota Lynx. Dia akan didampingi oleh Curt Miller (Los Angeles Sparks) dan Mike Thibault (GM Washington Mystics) sebagai asisten pelatih. (*)

Foto: X USA Basketball

Komentar