IBL

West Unseld Jr. mungkin bernasib lebih baik ketimbang Adrian Griffin. Karena dia tidak dipecat oleh manajemen Washington Wizards, meski hanya bisa mencetak rekor 7-36 di NBA musim 2023-2024. Wizards memutuskan untuk menggeser posisi Unseld Jr. dari kepala pelatih menjadi penasihat tim. 

Unseld Jr. sudah memimpin Wizards selama dua setengah musim. Tapi mungkin musim ini benar-benar mengecewakan. Karena hanya menang tujuh kali sejauh musim ini. Wizards mengatakan akan menunjuk pelatih sementara pada Kamis malam (waktu Amerika Serikat). Mereka akan mencari kepala pelatih tetap setelah musim 2023-2024 berakhir. 

"Saya bersyukur pernah menjabat sebagai kepala pelatih Washington Wizards. Saya menantikan kesempatan baru ini untuk berupaya mencapai kemajuan berkelanjutan dari tim kami," kata Unseld, kepada Max Molski dari NBC Washington

West Unseld Jr. ditunjuk sebagai kepala pelatih Wizards pada 17 Juli 2021. Dia dianggap sebagai suksesor dari ayahnya, Wes Unseld, yang sukses membawa Wizards mencapai gelar juara NBA 1978, yang sampai sekarang belum terulang lagi. Namun harapan tersebut tidak pernah terwujud. Sejak Unseld Jr. menangani Wizards, rekornya adalah 77-130. 

Rekor Wizards di musim 2021-2022 adalah 35-47. Mereka gagal ke playoff selama masa jabatan Unseld Jr.. Sekarang Wizards menapaki jalan berat, dan semakin dekat dengan rekor terburuk di liga. Mereka hanya menang tujuh kali, dan terpaksa menelan kekalahan 36 kali hingga Unseld Jr. dilengserkan dari kursi kepala pelatih. 

"Wes (Useld Jr.) mewujudkan karakteristik tim yang kami hargai. Pengalaman bola basketnya luas, sehingga nantinya dia bisa berperan lebih besar di manajemen untuk tujuan jangka panjang. Kami bersyukur dia bersedia melanjutkan kontribusinya pada tim kami, dengan tugas yang berbeda," ujar presiden bola basket Wizards, Michael Winger. 

Keputusan ini diambil setelah pembicaraan bersama dengan kedua belah pihak. Sehingga, baik manajemen Wizards dan Wes Unseld Jr. sama-sama menerimanya dengan lapang dada. (*)

Foto: CBS Sports

Komentar