IBL

Washington Wizards mengikat Deni Avdija dengan kontrak baru senilai 55 juta dolar Amerika untuk empat tahun. Ini artinya pemain 22 tahun tersebut akan tetap di Wizards hingga akhir musim 2026-2027. Pemain asal Israel tersebut memberikan kontribusi yang bagus dalam tiga musim terakhir. 

Avdija sebelumnya punya kontrak "rookie scale", yang mana kontrak tersebut tidak berlaku pada Senin (23/10) waktu Amerika Serikat. Sehingga Wizards bergerak cepat untuk mengamankan pemainnya. Dikonfirmasi agennya, Doug Neustadt dan Matan Siman-Tov kepada ESPN, bahwa Avdija kini sudah punya kontrak baru. 

Avdija rata-rata mencetak 9,2 poin, 6,4 rebound, 2,8 asis, dan 0,9 steal dalam 76 pertandingan untuk Wizards musim lalu. Dia menjadi starter dalam 40 pertandingan dalam dua musim terakhir bersama Wizards. Dia mencatatkan 11 double-double musim lalu, dua kali lipat dari apa yang dia dapatkan di dua musim pertamanya, menurut data ESPN Stats & Information. Dia juga merupakan salah satu dari hanya lima pemain NBA yang tampil di 82 pertandingan pada musim 2021-2022.

Avdija memiliki kewarganegaraan ganda yaitu Israel dan Serbia. Dia keluar dari Maccabi FOX Tel Aviv sebagai MVP musim 2019-2020. Avdija terpilih dari urutan kesembilan dari draft NBA 2020. Dalam 212 pertandingan yang dimainkan selama tiga musim bersama Wizards, ia mencetak rata-rata 8,1 poin, 5,5 rebound, 2,1 asis, 0,7 steal, dan 0,4 blok per gim. Dengan tidak adanya Kristaps Porzingis dan Bradley Beal, ia diharapkan mendapatkan lebih banyak peluang untuk bersinar bersama Wizards. 

Avdija juga sudah pulih dari cedera punggung. Dia mampu mencetak 10,0 poin, 6,0 rebound, 1,0 asis, dan 0,5 blok per gim selama dua penampilan di Pramusim NBA 2023. Tetapi melihat roster Wizards, tampaknya Avdija akan pindah ke lini kedua. Karena ada pemain baru yang lebih berpengalaman, seperti pemain asal Prancis Bilal Coulibaly, dan penyerang berpengalaman Italia Danilo Gallinari. Ditambah lagi ada Kyle Kuzma, dan juga bintang baru Jordan Poole. 

Tim yang dilatih oleh Wes Unseld Jr. tersebut akan mengunjungi Indiana Pacers untuk memulai musim baru pada hari Rabu (25/10) waktu Amerika Serikat. Pertandingan pembuka kandang akan mempertemukan Memphis Grizzlies di Capitol One Arena pada 28 Oktober 2023. (*)

Foto: nba.com

Komentar