IBL

Golden State Warriors melalui masa duka setelah meninggalnya asisten pelatih Dejan Milojevic. Warriors kembali menjalani sesi latihan pada Senin (22/1) waktu setempat. Stephen Curry dkk dijadwalkan bertanding lagi pada besok lusa melawan Atlanta Hawks di Chase Center, San Francisco.

Dalam kesempatan ini, pelatih Steve Kerr buka suara usai kehilangan salah satu bagian penting dalam tim tersebut. Milojevic meninggal akibat serangan jantung pada 18 Januari 2024 di Salt Lake City, Utah.

Dilansir melalui laman resmi NBA, Kerr menceritakan saat-saat kritis Milojevic. Pelatih asal Serbia itu mengalami serangan jantung saat sesi makan malam bersama tim. Warriors memang dijadwalkan melawan Utah Jazz pada 19 Januari 2024.

Dari penuturan Kerr, ada 4-5 pemain dan beberapa staf di lokasi kejadian. Saat Milojevic kolaps, ia langsung mendapat pertolongan pertama dari Wakil Presiden Kesehatan dan Performa Pemain Rick Celebrini.

“Semua orang di tim kami mengalami trauma. Kehilangan adalah bagian dari hidup. Setiap orang pasti pernah mengalaminya. Namun, itu tidak sering dilihat secara langsung. Jadi, semua yang terjadi dalam lima hari terakhir sungguh mengejutkan, sangat emosional, dan lebih dari apapun yang memilukan,” tutur Kerr.

Setelah Milojevic meninggal, NBA memutuskan menunda dua laga Warriors. Masing-masing melawan Utah Jazz dan Dallas Mavericks. Belum ada jadwal baru yang diumumkan. Warriors kemudian kembali ke San Francisco untuk melanjutkan seri kandang.

Warriors mengawali sesi latihan pertama pasca kejadian itu dengan memberikan penghormatan untuk Milojevic. Mereka menyaksikan video tribute dari Belgrade, kampung halaman Milojevic, dan Mega Basket.

Kini Warriors harus melangkah ke depan. Mereka berencana untuk memberikan upacara penghormatan bagi Milojevic saat melawan Hawks. Itu akan menjadi gim pertama Warriors tanpa Milojevic.

“Rabu nanti akan jadi hari yang emosional bagi para pemain, organisasi, penggemar, dan keluarga Deki (sapaan Milojevic). Tidak ada buku panduan untuk ini. Kami akan menghormati Deki dengan cara yang terbaik,” lanjut Kerr. (rag)

Foto: Justin Ford/Getty Images

Komentar