IBL

Jendela Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 akan dibuka mulai bulan Februari 2024. Sebanyak 24 negara akan memainkan pertandingan kualifikasi sesuai dengan pembagian grupnya masing-masing. Ada enam grup yang berisi empat tim nasional di setiap grup. Pertandingan kualifikasi menggunakan sistem home-and-away

Jika ditarik mundur, maka proses kualifikasi ini sudah berjalan sejak bulan Juni 2022. Di mana ada 30 tim nasional dari dua konfederasi, yaitu Asia dan Oceania yang bertanding. Namun tidak semuanya memainkan pertandingan Pra-Kualifikasi. Mereka yang masuk 16 besar pada FIBA Asia Cup 2023, tidak perlu bertanding di pra-kualifikasi. 

Baca juga: Lebih Tahu Tentang Kualifikasi Piala Asia FIBA 2025 dan Posisi Timnas Indonesia

Setelah dilakukan pengundian pada 19 September 2023, maka ada 24 tim yang terbagi dalam enam grup. Mereka akan memainkan pertandingan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 dalam tiga jendela, yang dilaksanakan pada Februari 2024, November 2024, dan Februari 2025. 

Berikut pembagian grup Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025:
- Grup A: Thailand, Australia, Korea, Indonesia
- Grup B: Cina Taipei, Hongkong, Filipina, Selandia Baru
- Grup C: Cina, Guam, Jepang, Mongolia
- Grup D: Irak, Yordania, Palestina, Arab Saudi
- Grup E: Iran, Kazakstan, India, Qatar
- Grup F: Bahrain, Suriah, Libanon, Uni Emirat Arab

Dari masing-masing grup tersebut, dua tim teratas akan masuk ke babak utama. Kemudian peringkat ketiga dari masing-masing grup akan menjalani Kualifikasi Terakhir (Final Qualification), untuk memperebutkan empat tiket sisanya. FIBA Asia Cup 2025 akan dimainkan di Arab Saudi pada bulan Agustus 2025. 

Kembali ke Timnas Indonesia, di mana untuk jendela pertama, pada bulan Februari 2024, mereka akan memainkan dua pertandingan. Jadwal pertama, Indonesia akan bertandang ke Nimibutr Stadium, Bangkok, untuk menghadapi Thailand pada 22 Februari. Kemudian pada 25 Februari, timnas akan berhadapan dengan Australia. Kali ini, Indonesia bertindak sebagai tuan rumah, dan akan bermain di Indonesia Arena, Jakarta. 

Persiapan timnas akan dimulai setelah pekan keempat IBL 2024. Setelah itu, liga akan libur untuk Pemilu serentak pada 14 Februari, dan dilanjutkan dengan Jendela Pertama Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar