IBL

Piala Asia FIBA 2022 berlangsung di Jakarta dengan Australia sebagai juaranya. Bukannya berhenti, FIBA di tahun yang sama langsung menggelar babak kualifikasi untuk edisi tahun 2025. Proses kualifikasi ini sudah dimulai sejak bulan Juni 2022 hingga Februari 2025. Kali ini mainbasket.com akan membahas kualifikasi secara lengkap, dan tentang posisi timnas Indonesia dalam kualifikasi tersebut. 

Sebelum lebih jauh, lihatlah bagan di bawah ini:

Dari bagan di atas, kita bisa tahu bahwa ada dua kategori. Pertama adalah tim yang masuk Kualifikasi sejumlah 16 negara. Lalu yang kedua adalah tim yang masuk Pra-Kualifikasi ada 18 negara. 

Mereka yang masuk kategori Kualifikasi adalah 16 negara peserta babak utama Piala Asia FIBA di edisi sebelumnya. Maka dengan alasan inilah, Tim Nasional Basket Indonesia masuk kategori Kualifikasi. Sehingga mereka belum bermain sekarang. Karena jendela Kualifikasi Piala Asia FIBA 2025 rencananya digelar pada bulan November 2023, Februari 2024, November 2024, dan Februari 2025. Jadi Timnas Indonesia akan bertanding di bulan-bulan tersebut. 

Babak Kualifikasi Piala Asia FIBA 2025 diikuti oleh 24 negara. Lalu yang sudah masuk 16 negara. Maka sisanya diambil dari Pra-Kualifikasi. Jadi ada delapan tiket Kualifikasi yang diperebutkan dalam turnamen Pra-Kualifikasi. 

Pra-Kualifikasi Piala Asia FIBA 2025 Ronde Pertama

Sebanyak 18 tim yang mengikuti pra-kualifikasi dibagi dalam empat grup. Wilayah Barat menempati Grup A dan B, merupakan negara-negara dari sub-zona WABA, GBA, CABA, dan SABA. Sedangkan Wilayah Timur menempati Grup C dan D, adalah negara sub-zona Oceania, SEABA, dan EABA. Pertandingan Ronde pertama menggunakan sistem round-robin yang berlangsung pada bulan Juni dan November 2022. Jadi fase ini sudah selesai, dan ada 12 tim yang lolos ke Ronde Kedua. 

Pra-Kualifikasi Piala Asia FIBA 2025 Ronde Kedua

Untuk Ronde Kedua babak pra-kualifikasi berlangsung pada bulan Februari 2023. Ada 12 tim yang lolos dari Ronde Pertama, yang kini dibagi menjadi dua grup. Untuk Grup E ada Palestina, Qatar, Uni Emirat Arab, Irak, Kuwait, dan Oman. Mereka akan bertanding di Doha, Qatar, mulai 20 hingga 22 Februari 2022. Sementara Grup F berisi Thailand, Guam, Hongkong, Mongolia, Malaysia, dan Singapura. Seluruh pertandingan di Grup F akan berlangsung di Ulan Bator, Mongolia, pada 24-26 Februari 2022. 

Dari dua grup di atas, masing-masing akan diambil empat tim terbaik untuk masuk pada babak Kualifikasi. Sehingga kalau ditambah dengan 16 peserta edisi sebelumnya, maka jumlah tim yang ikut Kualifikasi jadi 24 negara. Meski tahapan Piala Asia FIBA 2025 sudah berjalan, namun sampai sekarang FIBA belum menentukan tuan rumah turnamen tersebut. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar