IBL

NBA merayakan Hari Martin Luther King Jr. dengan 11 pertandingan dijadwalkan pada hari Senin (15/1) waktu amerika Serikat. Pertandingan tersebut menampilkan beberapa tim terbaik di konferensi serta peringatan khusus di Atlanta, tempat King dilahirkan, dan Memphis, tempat King meninggal dunia pada tahun 1968.

Ini adalah tradisi NBA selama puluhan tahun untuk merayakan Hari Martin Luther King Jr. , bahkan sebelum hari libur federal diakui secara nasional. Tim-tim NBA mengambil inisiatif untuk menghormati pemimpin perjuangan hak-hak sipil tersebut di tahun ini. 

Hari Martin Luther King Jr. menjadi hari libur federal pada tahun 1986, hampir 20 tahun setelah pertama kali diperkenalkan ke Kongres. Butuh waktu 14 tahun lagi untuk bisa diakui di setiap negara bagian AS. NBA tidak menunggu sampai saat itu untuk mengakuinya di seluruh liga. Karena pada tanggal 20 Januari 1986, Atlanta Hawks dan Milwaukee Bucks berhadapan di TBS dalam pertandingan MLK Day pertama NBA. Penyerang Hawks Hall of Fame Dominique Wilkins mencetak 33 poin tertinggi dalam pertandingan hari itu untuk meraih kemenangan di kandang sendiri.

Dengan pengecualian musim yang dipersingkat lockout pada tahun 1998-1999, setidaknya lima pertandingan NBA telah dimainkan pada MLK Day setiap tahun. Rekor NBA menunjukkan New York Knicks memainkan pertandingan terbanyak pada hari libur nasional Amerika Serikat dengan 37 pertandingan. Los Angeles Lakers berada di urutan kedua dengan 33 pertandingan, dan tiga tim sama-sama memainkan 32 pertandingan, yaitu Philadelphia 76ers, Atlanta Hawks, dan Washington Wizards. 

Tim Grizzlies pindah dari Vancouver ke Memphis pada tahun 2002 dan setahun kemudian bermain pada hari libur di Forum FedEx. Arena itu berjarak empat mil dari lokasi pembunuhan King, Motel Lorraine, yang sekarang menjadi lokasi Museum Hak Sipil Nasional. Grizzlies telah bermain di setiap MLK Day sejak saat itu. 

Dalam beberapa tahun terakhir, tim NBA telah mengenakan kaos pemanasan khusus untuk merayakan hari raya tersebut. Pada tahun 2018, kata-kata "Saya punya mimpi" dicetak di bagian depan dengan kutipan pidato terkenal Dr. King pada 28 Agustus 1963.

"Memperingati kehidupan dan warisan Dr. King adalah tradisi NBA yang sudah berlangsung lama," kata wakil komisaris dan COO NBA Mark Tatum kepada Andscape. "Selama beberapa dekade, liga telah menggunakan platformnya untuk menghormati karya dan pengaruhnya sambil menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan kesetaraan. 

Grizzlies bekerja sama dengan Museum Hak Sipil Nasional serta pejabat kota Shelby untuk mengadakan acara MLK Day. Kemudian, sebelum pertandingan hari Senin antara Grizzlies dan Golden State Warriors, Memphis memberikan penghormatan kepada para atlet dan menyoroti "kontribusi signifikan terhadap hak-hak sipil dan asasi manusia yang telah mereka berikan melalui karier mereka di bidang olahraga, dalam semangat Dr. Martin Luther King Jr." Penerima penghargaan tahun ini termasuk MLB Hall of Famer Ozzie Newsome, Montgomery, delapan kali NBA All-Star Alex English, dan mantan pemain NFL Calvin Hill. 

Sementara Hawks akan melanjutkan tradisi Hari MLK mereka dengan menyambut paduan suara di State Farm Arena. Paduan suara akan menyanyikan nama masing-masing pemain selama perkenalan sebelum pertandingan. Rapper pemenang Grammy Killer Mike juga tampil di babak pertama selama pertandingan Hawks melawan San Antonio .

Washington Wizards akan memberi penghargaan kepada siswa dari program Bulan Mentoring mereka selama paruh waktu pertandingan MLK Day melawan Detroit Pistons. Tim tersebut juga mengadakan pemutaran pribadi film dokumenter "The Rebellious Life of Mrs. Rosa Parks" pada Minggu malam. Tahun lalu, Wizards memberi penghargaan kepada anggota keluarga Dr. King selama pertandingan mereka melawan Warriors dan memberi mereka kaus khusus. (*)

Foto: Sky Sports

Komentar