IBL

Karier Ronny Gunawan dalam basket memasuki babak baru. PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional (BTN) menunjuk Rogun (sapaan Ronny Gunawan) sebagai manajer timnas basket putra Indonesia. Rugun menggantikan posisi manajer sebelumnya yaitu Jeremy Santoso.

Dalam keterangan resmi PP Perbasi pada Kamis (4/1), Rogun dipercaya sebagai manajer baru timnas karena tidak berafiliasi dengan tim manapun. Rugun juga telah melepaskan jabatannya sebagai Wakil Presiden Urusan Bola Basket Satria Muda Pertamina.

“Kami sudah komunikasi dengan Ronny Gunawan. Perubahan di posisi manajer ini menjadi opsi yang kami ambil dengan harapan untuk meningkatkan prestasi timnas ke depan,” kata Ketua BTN Perbasi Syailendra Bakrie.

Rogun menjadi mantan atlet yang menjadi manajer timnas. Ia gantung sepatu pada 2016 lalu. Setelah itu, Rogun memilih berkarier dalam posisi manajerial klub. Rogun mengatakan keputusan mundur dari Satria Muda memang tidak mudah. Apalagi ia mencapai masa emasnya sebagai pemain saat membela tim tersebut.

“Sejak 2006 sampai hari ini saya menjadi bagian dari Satria Muda, dari aktif sebagai pemain hingga pensiun, dan bertugas di manajemen. Berpisah dengan Satria Muda merupakan keputusan yang besar dan tidak mudah. Tapi saya rasa ini langkah yang tepat mengingat kepercayaan yang diberikan Perbasi,” kata Rogun.

Mundurnya Rogun dari Satria Muda karena menghindari konflik kepentingan (conflict of interest). Ia ingin tetap netral dalam menjalankan tugas barunya tersebut. Rogun mengatakan tugas baru sebagai manajer timnas tidaklah mudah.

“Memimpin timnas bersama pelatih adalah amanat penting karena kami merupakan perwakilan masyarakat Indonesia. Saya tidak mau ada tumpang tindih kepentingan dan ingin peran sebagai profesional,” lanjut Rogun.

Tugas pertamanya adalah mempersiapkan timnas untuk Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. Ada tiga jendela kualifikasi yakni pada Februari 2024, November 2024, dan Februari 2025. Indonesia tergabung di Grup A bersama Australia, Korea Selatan, dan Thailand.

Perjalanan Indonesia di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 adalah bertandang ke Thailand. Pertandingan tersebut dijadwalkan pada 22 Februari 2024. Kemudian Indonesia akan menjamu Australia pada 25 Februari 2024. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan/IBL, Satria Muda Pertamina Jakarta

Komentar