IBL

Udonis Haslem akan menjadi pemain asli Miami Heat keenam yang nomor jerseinya diistirahatkan oleh klub tersebut. Rencananya upacara penghormatan untuk Haslem akan dilakukan pada 19 Januari 2024, saat Heat menjamu Atlantaa Hawks. Tidak akan ada lagi pemain Heat yang boleh memakai nomor jersei 40 di masa yang akan datang. 

Sampai hari ini, Miami Heat sudah mengistirahatkan lima nomor jersei pemain asli klub, yaitu milik Alonzo Mourning (33), Shaquille O'Neal (32), Tim Hardaway (10), Dwyane Wade (3), dan Chris Bosh (1). Kemudian Pat Riley sebagai pemilik klub mengistirahatkan nomor jersei 23 untuk menghormati Michael Jordan. Lalu yang terakhir adalah nomor jersei 6 milik Bill Russell yang memang diistirahatkan, dan tidak boleh dipakai oleh semua klub. Sehingga apabila ditambah dengan nomor 40 milik Haslem, maka nomor-nomor jersei yang diistirahatkan oleh Heat berjumlah delapan nomor. 

Foto: Daily Express

Haslem pensiun musim lalu setelah menghabiskan seluruh 20 tahun karier NBA-nya bersama Heat. Dia mengumpulkan tiga gejar juara NBA, tujuh gelar juara Wilayah Timur, 12 gelar juara Divisi, 16 penampilan playoff, dan tidak pernah melewatkan babak playoff dalam musim berturut-turut. Udonis Haslem adalah satu dari tiga pemain dalam sejarah NBA yang bermain setidaknya 20 tahun dengan satu klub. Rekor yang hanya dimiliki juga oleh Dirk Nowitzki dan mendiang Kobe Bryant. 

Haslem adalah kapten tim Miami Heat 16 kali, terbanyak dalam sejarah tim, dan menjadi pemimpin tim sepanjang masa dalam hal ofensif, defensif, dan rebound total. Selain menjadi pemimpin rebound sepanjang masa Miami, Haslem menempati peringkat kedua dalam jumlah laga yang dimainkan, kedua dalam jumlah laga sebagai starter, kedua dalam menit bermain, kelima dalam jumlah tembakan masuk, kelima dalam dobel-dobel, ketujuh dalam poin, kesembilan dalam persentase field goals, ke-10 dalam blok dan ke-11 dalam steal. 

Haslem, yang juga penduduk asli Miami, baru-baru ini kembali ke tim sebagai Wakil Presiden, Pengembangan Bola Basket dengan tanggung jawabnya termasuk menjadi sumber daya bagi staf pelatih, membimbing Heat dan Skyforce serta mewakili organisasi di komunitas dan dalam upaya bisnis. Haslem terus melayani komunitas Florida Selatan melalui Yayasan Udonis Haslem miliknya dengan berbagai inisiatif yang memberikan harapan kepada anak-anak dan keluarga di komunitas yang kurang terlayani dengan memfasilitasi paparan terhadap peluang dan akses terhadap perawatan dan sumber daya. 

Tujuan dari yayasan ini adalah untuk memberikan dampak pada dunia dengan mengatasi masalah sosio-ekonomi dan kesehatan mental yang melanda pusat kota melalui kemitraan dengan program dan organisasi untuk memberikan peningkatan akses terhadap layanan dan peluang untuk meningkatkan kehidupan. (*)

Foto: Jim Rassol-USA TODAY Sports

Komentar