IBL

Cleveland Cavaliers tidak sedang baik-baik saja. Para garda utama (point guard) tumbang, dan butuh pemain yang bisa diandalkan dalam waktu dekat. Salah satu pilihannya, melepas Ricky Rubio untuk mendapatkan ruang gaji yang besar. Sehingga Cavs bisa mencari garda utama yang bagus di bursa transfer tengah musim. 

Cavaliers tidak akan diperkuat Darius Garland yang mengalami cedera patah rahang. Dia akan absen sekitar sebulan. Kemudian Evan Mobley juga bakal absen dua bulan setelah operasi lutut. Ty Jerome juga sudah absen sejak bulan Oktober 2023, karena cedera pergelangan kaki yang parah, dan masih belum menunjukkan perkembangan positif. 

Manajemen Cavs makin pusing ketika Donovan Mitchell tidak bisa menganggat bahunya setelah terbentur tiang penyangga ring dalam laga Cavs melawan Houston Rockets, awal pekan ini. Mitchell juga absen melawan Utah Jazz, hari ini (21/12) waktu Indonesia. Namun Cavs berhasil menang atas Jazz dengan skor 124-116. 

Kembali soal melepas Ricky Rubio. Mungki inilah satu-satunya solusi yang masuk akal bagi manajemen Cavs. Sebab, pemain berusia 33 tahun tersebut sekarang sedang berada di Spanyol. Dia mendapatkan izin cuti untuk menjaga kesehatan mentalnya. Dan, ada keraguan bahwa Rubio akan segera kembali ke lapangan. 

Cavaliers memberikan perpanjangan kontrak untuk Rubio sebesar 18,5 juta untuk tiga tahun pada tahun 2022. Saat ia sedang menderita cedera ACL. Rubio mendapatkan perpanjangan karena dianggap berjasa dalam mendorong kebangkitan tim di musim 2021-2022. Tetapi keputusan ini malah membebani tim, ketika ada situasi yang tidak menguntungkan seperti sekarang. 

Rubio musim ini punya bayaran 6,1 juta dolar Amerika, dan akan medapatkan jaminan 4,25 juta dolar Amerika untuk tahun depan. Dikutip dari The Athletic, perwakilan Cavaliers dan manajemen Rubio sedang membicarakan pembelian kontraknya (buy-out). Opsi lain adalah melibatkan Rubio dalam perdagangan, atau pertukaran pemain. Sehingga Cavs bisa mendapatkan garda utama yang sehat, setidaknya di putaran kedua nanti. 

Rubio mencetak rata-rata 5,2 poin dalam 33 pertandingan musim lalu. Tetapi dia mundur dari Piala Dunia FIBA 2023, dan meminta izin untuk menjaga kesehatan mentalnya. Menurut salah satu sumber berita, Rubio tidak terlibat dalam aktifitas bola basket apa pun selama di Spanyol. (*)

Foto: Slam Online / Getty Images

Komentar