IBL

Damian Lillard mencetak 40 poin tertinggi musim ini untuk meningkatkan total karirnya lebih dari 20.000, Giannis Antetokounmpo mencetak triple-double dan Milwaukee Bucks tampil superior saat mengalahkan San Antonio Spurs, 132-119, pada Selasa malam (19/12) waktu Amerika Serikat. Spurs bermain tanpa Victor Wembanyama karena cedera pergelangan kaki kanan.

Lillard meningkatkan total poin kariernya menjadi 20.034 dan menjadi orang ke-51 dalam sejarah NBA. Dia menjadi pemain aktif kedelapan yang mencapai 20.000 poin. Lillard, yang memainkan pertandingan ke-794 dalam kariernya, menjadi pemain tercepat ke-17 yang mencapai tonggak sejarah tersebut. Pemain aktif lainnya dengan minimal 20.000 poin adalah LeBron James, Kevin Durant, James Harden, Russell Westbrook, Stephen Curry, DeMar DeRozan dan Chris Paul.

"Ketika Anda melihat Dame, jelas dia bisa menembakkan bola," kata pelatih Bucks Adrian Griffin. "Dia memberi banyak tekanan pada pertahanan lawan. Dia cukup kuat dan cukup fisik untuk finis di tepi lapangan. Dia tidak punya kelemahan di lapangan." 

Lillard, James, Curry dan Harden adalah satu-satunya pemain dalam sejarah NBA yang mencetak 20.000 poin, 5.000 asis, dan 2.000 tembakan tiga angka.

"Semua hal yang saya pikirkan di sekolah menengah, di perguruan tinggi, dan keraguan yang saya hadapi sepanjang karier saya, sebelum NBA, apa yang tidak seharusnya saya lakukan, apa yang tidak seharusnya saya capai, dan hanya mentalitas saya melalui semua hal itu. Anda hanya harus memiliki keyakinan pada diri sendiri," ujar Lillard.

Dalam pertandingan melawan Spurs, Giannis Antetokounmpo mencetak 16 poin, 16 asis, dan 14 rebound, untuk mencatatkan tripel-dobel ke-37 dalam kariernya, dan yang kedua musim ini. Bobby Portis menambah 23 poin dan 10 rebound, Khris Middleton mencetak 17 poin dan Brook Lopez menyumbang 14 poin dan enam blok untuk Bucks. Keldon Johnson menyumbang 28 poin dan 12 rebound untuk Spurs, sementara Zach Collins menambah 22 poin dan Devin Vassell menyumbang 17 poin.

Data Statmuse mencatat bahwa Bucks menang 15 pertandingan berturut-turut ketika Giannis mencetak tripel-dobel. Sedangkan sejak kehadiran Lillard, Bucks mencetak rekor 10-0 ketika dia mencetak 30+ poin. 

Sebaliknya, cedera Victor Wembanyama membuatnya tidak bisa berhadapan dengan Antetokounmpo untuk pertama kalinya dalam karier profesionalnya. Ini hanyalah game kedua yang dilewatkan oleh ruki Spurs tersebut. "Saya kira kami tidak mengharapkannya untuk jangka panjang atau apa pun," kata pelatih Spurs Gregg Popovich sebelum pertandingan.

Milwaukee unggul 5-0 dalam enam pertandingan kandang selama musim ini. Bucks telah memenangkan 14 pertandingan terakhir mereka di Fiserv Forum untuk rekor kemenangan kandang terpanjang mereka sejak meraih 20 kemenangan berturut-turut di Milwaukee dari 19 April 1990 hingga 8 Januari 1991. (*)

Foto: nba.com

Komentar