IBL

Terrence Ross mengumumkan pensiun melalui podcastnya pada hari Jumat (1/12) waktu Amerika Serikat. Ross, seorang veteran NBA 11 tahun yang memenangkan kontes Slam Dunk selama musim debutnya. Dia pernah bermain untuk Toronto Raptors (2012-2017), Orlando Magic (2017-2023), dan Phoenix Suns (2023).

"Sepertinya aku sudah selesai, kawan. Sepertinya aku sudah mengeluarkan semua bola basket dari diriku," kata Ross.

Ross mengungkapkan bagaimana cedera di masa lalu telah berdampak buruk. Dia pernah menderita cedera punggung dan lutut. Yang paling penting, dia berbicara tentang betapa dia senang berada di rumah untuk keluarganya sebagai alasan untuk pensiun. 

Ross adalah pilihan keseluruhan No. 8 oleh Toronto Raptors di NBA Draft 2012 dan menghabiskan 4,5 musim di utara perbatasan sebelum ia ditukar ke Magic pada pertengahan musim 2016-2017 untuk Serge Ibaka. Ross kemudian menghabiskan tujuh musim bersama Magic, bermain dalam 349 pertandingan. Selama bermain untuk Magic, Ross rata-rata mencetak 12,7 poin per gim sambil menembakkan lebih dari 35 persen dari luar garis tiga angka.

Ketika Ross pertama kali datang ke Orlando, dia dipandang sebagai penghangat bangku cadangan. Namun seiring dengan bertambahnya masa bermainnya di Orlando, ia menjadi pemimpin saat Magic mendatangkan pemain-pemain muda. Meskipun ia berusia akhir 20-an, Ross adalah salah satu pemain tertua di Magic dan menjadi favorit penggemar sepanjang berada di Orlando.

Pada bulan Februari, Ross dan Magic menyetujui pembelian kontrak, memungkinkan dia untuk menandatangani kontrak dengan tim yang mendekati babak playoff. Dia akhirnya menandatangani kontrak dengan Phoenix Suns, di mana dia tampil dalam enam pertandingan playoff.

Foto: Yahoo!Sports

Ross tidak menandatangani kontrak dengan tim mana pun di offseason, dan tampak tenang dengan keputusannya untuk pindah dari bola basket. Meski sudah tidak lagi berada di liga atau masuk roster Magic, kontribusinya masih terasa di dalam tim yang telah berkembang menjadi salah satu yang terbaik di NBA untuk mengawali musim.

Ross memang menerima tawaran di luar musim ini untuk bermain secara profesional di Serbia, mengingat istrinya, Matijana, berasal dari sana. Dia juga mengatakan dia masih memiliki teman dan keluarga di sana tetapi akhirnya menolak tawaran tersebut. Sekarang karier profesional Ross telah berakhir, tetapi dia tampak bahagia dengan kehidupan pasca-NBA karena dia menikmati waktu bersama keluarga sambil bekerja di podcasting dan streaming. (*)

Foto: nba.com

Komentar