IBL

Dikutip dari data Technavio, perusahaan riset dan penasihat teknologi global terkemuka, bahwa pertumbuhan pasar perlengkapan olahraga bola basket diperkirakan paling tinggi untuk tahun 2023 hingga 2028. Mengungguli pasar perlengkapan olahraga multi-cabang, dan pasar perlengkapan balap. Salah satu pemicunya adalah Olimpiade Paris di tahun 2024 nanti. 

Menurut data tersebut, perkiraan pertumbuhan pasar perlengkapan bola basket akan mencapai 5,93 miliar dolar Amerika untuk tahun 2023 hingga 2028, atau secara persentse naik sebesar 6,45 persen. Penyebabnya karena semakin banyak "pemain" di pasar ini, dengan adanya 47 merek yang ikut bertarung. Tentu saja di dalamnya ada Nike, adidas, Under Armour, Puma, New Balance, hingga merek-merek dari Eropa dan Asia. 

Sementara itu, pasar untuk perlengkapan balap atau olahraga otomotif, diperkirakan naik sebesar 1,2 miliar dolar Amerika, atau sebesar 5,16 persen. Lalu untuk perlengkapan olahraga multi-cabang, perkiraan kenaikannya sebesar 4,3 persen atau dengan nilai uang sebesar 333,5 juta dolar Amerika. Untuk segmentasi pasar, masih dominan kaum pria.

Salah satu faktor yang menaikkan persentase pasar pelengkapan bola basket adalah banyaknya turnamen internasional yang berlangsung selama periode 2023 hingga 2024. Seperti Piala Dunia Bola Basket FIBA dan juga Olimpiade. Tetapi NBA masih menjadi aktor utama di balik semua kenaikan tersebut. Karena di Amerika Utara sendiri, pasarnya mengalami kenaikan 34 persen. 

Pertumbuhan pasar Amerika Utara terutama didorong oleh meningkatnya kesadaran akan bola basket sebagai olahraga yang sehat di wilayah tersebut. Dibandingkan dengan wilayah lain, bola basket lebih populer di Amerika Utara, dan mayoritas penduduknya lebih menyukai bola basket daripada sepak bola. Selain itu, beberapa pemain bola basket paling populer dan berpengaruh di dunia, termasuk LeBron James, Kevin Durant, Stephen Curry berasal dari wilayah tersebut. Bahkan masih ada pasar yang signifikan untuk penjualan produk yang berkaitan dengan Michael Jordan dan mendiang Kobe Bryant. 

Foto: Nike.News

Tetapi perlu dicatat, bahwa kenaikan pasar ini juga memicu hal negatif, yaitu berkaitan dengan ketersediaan barang. Pasar yang besar akan menarik minat dari para pemalsu barang. Menurut Jesse Maida, Media & Marketing Executive Technavio Research, tantangan yang harus dihadapi oleh produsen perlengkapan olahraga bola basket adalah pemalsuan. Memang ini masalah klasik, tetapi jika tidak segera diatasi, maka akan menggoyang stabilitas merek tersebut. Belum lagi soal peniru, yang membajak desain atau model merek tersebut. 

Kesimpulannya, perusahaan perlengkapan olahraga bola basket harus pintar dalam mengidentifikasi peluang di pasar yang ada dan pasar potensial serta menilai posisi kompetitif mereka dalam skenario pasar yang terus berubah. (*)

Foto: Sporting News

Komentar