IBL

Sulit mengatakan permainan konsol bola basket telah merasuk ke sendi-sendi tulang layaknya sepak bola. Kemungkinan tidak banyak ingatan bolos sekolah untuk main di rental atau kelewat salat Jumat hanya karena bermain video game basket. Orang-orang dengan ingatan seperti itu lebih memilih memainkan Pro Evolution Soccer (PES), FIFA, atau Winning Eleven. Akan tetapi, penggemar basket seperti saya setidaknya pernah punya kenangan dengan NBA 2K dan NBA Live. Jika belum pernah, cobalah sekarang! Karena pemain NBA juga memainkannya.

Di sela-sela latihan, pertandingan, dan urusan promosi lainnya, kelihatannya para pemain NBA tetap sibuk menjalankan aktivitasnya masing-masing. Akan tetapi, ternyata banyak di antara mereka justru meluangkan waktu bermain video game. Klaim NBA mengatakan, 85 persen pemainnya adalah gamer.

“Jika saya tidak ada di lapangan, saya punya controller (joypad) di tangan,” terang Kevin Durant, forward Golden State Warriors, seperti dilansir CNN.

Dalam sebuah tayangan video, Durant terlihat memainkan NBA 2K14. Ia menggunakan tim lamanya, Oklahoma City Thunder, dalam permainan itu. Katanya, mungkin ia kecanduan game lebih dari ia berlatih basket itu sendiri.

Center milik Charlotte Hornets, Dwight Howard, juga mengaku telah kecanduan permainan konsol tersebut. Ia bisa bermain game tiga sampai empat jam setiap malam. Seusai pertandingan, ia sering bergadang sampai pukul 4 atau 5 pagi.

Beda lagi dengan LeBron James, Cleveland Cavaliers, yang mungkin tidak punya banyak waktu seperti center Hornets itu. Lagipula James harus melakoni Playoff dan bahkan final hampir di setiap musim. Tidak seperti Howard yang sepertinya punya banyak waktu luang karena tidak sesering itu menembus Playoff. Maka, James pun akan lebih banyak bermain game di waktu luangnya seperti saat libur di jeda antarmusim.

Namun, menariknya belakangan ini ternyata James memainkan NBA 2K18 lebih sering saat musim reguler berjalan. Apalagi dalam waktu dekat ini ia bakal kedatangan Isaiah Thomas di timnya, karena pemain satu itu sudah mulai berlatih dan pulih dari cedera. James pun mencoba mengotak-atik susunan pemain lewat game untuk melihat sejauh apa kehadiran Thomas mempengaruhi timnya. 

(Baca juga: LeBron James Siap Menyambut Isaiah Thomas Lewat NBA 2K18)

Kobe Bryant, bekas guard L.A Lakers, yang terkenal mendedikasikan hidupnya untuk basket, ternyata juga pernah mencoba permainan konsol. Ketika ia memakai Lakers dalam permainan itu, katanya, timnya menjalan triangle offense lebih baik daripada yang mereka lakukan. “Ini sangat nyata. Ini menakutkan,” ujarnya.

Beberapa pemain seperti Kyrie Irving (Cleveland Cavaliers), John Wall (Washington Wizards), dan Ricky Rubio (Minnesota Timberwolves) sengaja berkunjung ke Electronic Arts’ Tiburon Studio saat gelaran NBA All-Star Game dihelat di Orlando 2012 silam. Ketiganya mampir untuk melihat produk baru NBA Live 2013. Mereka tidak mau melewatkan kesempatan itu karena NBA Live sudah lama tidak meluncurkan produk mereka sejak 2009.

Lucunya, karena permainan-permainan ini, beberapa pemain sering melayangkan pernyataan lewat cuitan di Twitter mereka. Irving, misalnya, heran mengapa rating individualnya di NBA 2K17 lebih rendah dari Stephen Curry (Golden State Warriors). Padahal, menurutnya, semua orang tahu siapa yang lebih baik dari hasil NBA Final 2016. Ya, Irving menghancurkan Warriors dan berhasil membawa timnya menjuarai NBA. Namun, selang setahun berikutnya, Curry dan teman-temannya (dengan tambahan Kevin Durant yang pindak ke Warriors) berhasil membalaskan dendam.

Brandon Jennings malah lebih parah lagi. Ia mencuit di Twitter dengan mengatakan seolah-olah Spencer Dinwiddie (Brooklyn Nets) tidak layak diberi rating 69. “Saya pikir lebih mirip 65,” katanya, lalu mereka saling balas cuitan untuk menjatuhkan.

Ketidakpuasan akan rating memang sering muncul, tapi yang paling menarik adalah protes tentang cyberface atau reka bentuk tubuh para pemain. Evan Fournier (Orlando Magic) bertanya-tanya siapa yang memakai kausnya, karena ia tidak mengenali wajahnya sendiri dalam NBA 2K17. 

1484025571481

1484025630081

1484025724723

 

Namun, tidak ada yang lebih lucu dari kelakuan Aaron Gordon tentang bulu ketiaknya. Saat Ronnie 2K, akun sumber informasi permainan NBA 2K, mengirimkan screenshot kepada Gordon, ia malah membandingkan ketiak asli dengan dirinya di dalam game.

 

1484025453361

 

Lucu, bukan? Itulah segelintir ikatan antara pemain NBA dengan video game. Jika ada cerita lainnya, silakan berkomentar di bawah. Jangan lupa bermain basket dan bermain game basket! 

Oh ya, selamat menyambut tahun baru juga!

Foto: Swarm and Sting

Komentar