IBL

James Harden terus menjadi sosok yang kontroversial. Termasuk menyebut dirinya sebagai sistem permainan saat diperkenalkan sebagai pemain Los Angeles Clippers. Tetapi debutnya dengan Clippers tidak berlangsung baik. Dalam dua gim, Harden belum bisa membawa kemenangan. Kini Harden menjadi bulan-bulanan penggemar karena dianggap membawa “sistem” yang buruk.

Harden menjalani debutnya dengan Clippers dengan melawan New York Knicks. Sayangnya, Clippers tumbang 97-111 di Madison Square Garden, New York. Dalam gim itu, Harden memberikan 17 poin dan 6 asis dengan -18.

Hasil buruk kembali terjadi di New York. Melawan mantan timnya sendiri, Brooklyn Nets, Clippers kembali kalah 93-100. Harden tertahan dengan 12 poin, 8 rebound, dan 5 asis dan meraih -15 di Barclays Center.

Padahal dalam dua gim tersebut, Clippers seperti terlihat tidak memiliki kendala. Bahkan menampilkan empat pemain bintangnya dalam starter. Harden bermain dengan Kawhi Leonard, Russell Westbrook, dan Paul George.

Dalam pertandingan melawan Nets itu, Harden juga mendapat gangguan. Para penonton di Barclays Center menyorakinya dengan menyebut “Daryl Morey”, yang tak lain adalah Presiden Operasi Bola Basket Philadelphia 76ers, saat melakukan tembakan gratis. Harden tidak terpengaruh. Ia berhasil memasukkan 2 tembakan bebas sepanjang gim itu dengan baik.

Harden sendiri tercatat bermain selama satu tahun di Nets.Ia sempat menjadi big three Ntes bersama Kevin Durant dan Kyrie Irving. Tapi kombinasi ketiga bintang itu tidak membawa banyak perubahan untuk Nets. Harden kemudian menjadi bagian dari pertukaran bombastis Ben Simmons dari Sixers pada Februari 2022.

Setelah 1,5 musim di Sixers, Hubungan Harden dan Morey memburuk. Dimulai saat Harden meminta pertukaran. Lalu menyebut Morey pembohong dalam sebuah acara di Cina pada Agustus lalu. Dalam beberapa kesempatan Harden juga “menyerang” Sixers dan Morey.

Saat jumpa pers sebagai pemain Clippers, Harden mengeluhkan bahwa Sixers membuatnya tidak bisa berkembang. “Ketika saya mengatakan saya terikat, bukan hanya soal menembak saja. Itu soal permainannya. Saya adalah creator di lapangan. Saya punya peran, pemain percaya dan memahami saya. Saya bukan sistem permainan. Saya adalah sistem itu sendiri,” tutur Harden.

Memang masih terlalu dini menilai pengaruh Harden di Clippers. Masih ada 75 gim lagi di musim reguler. Kini Clippers berada di posisi ke-10 Wilayah Barat dengan 3-4. Besok Clippers bertandang ke markas Dallas Mavericks di American Airlines Center. (rag)

Foto: NBA

Komentar