IBL

Udonis Haslem kembali ke Miami Heat setelah lima bulan. Bukan untuk menjadi pemain. Ia memiliki peran baru dalam jajaran eksekutif klub. Pada Selasa (7/11) waktu setempat, Heat mengumumkan Haslem sebagai Wakil Presiden Pengembangan Bola Basket. Haslem menjadi wakil dari Pat Riley.

Pada Juni lalu, Haslem resmi gantung sepatu. Ia telah melalui 20 musim bersama Heat. dengan 16 musim diantara ia menjadi kapten tim. Selama dua dekade itu, Haslem memiliki rataan 7,5 poin dan 6,6 rebound per gim.

Musim lalu Haslem tercatat sebagai pemain aktif tertua di NBA. Pria kelahiran Miami, Florida pada 9 Juni 1980 itu menjadi pemain ketiga yang menghabiskan dua dekade di satu klub. Dalam daftar itu ada Dirk Nowitzki dengan Dallas Mavericks dan Kobe Bryant dengan Los Angeles Lakers.

“Lahir dan besar di Miami, UD telah menjadi bagian dari kesuksesan Heat selama 20 tahun. Sungguh luar biasa dia memilih untuk terus membangun warisan hebatnya di sini, di Miami, tempat dimana seharusnya ia berada,” kata Riley dalam keterangan resminya.

Dilansir melalui Associated Press, Haslem akan bertugas dengan staf pelatih Heat, membimbing para pemain Heat dan afiliasinya, Skyforce di G League, dan mewakili organisasi di komunitas.

Haslem dan Dwyane Wade merupakan pemain yang mengantar Miami menjadi juara pada 2006, 2012, dan 2013. Haslem juga tercatat sebagai pemain tertua yang tampil di Final NBA. Saat gim 3 Final NBA 2023 melawan Nuggets, Haslem bermain selama 50 detik. Dua hari setelah itu Haslem genap berusia 43 tahun.

“Saya merasa sangat bersyukur bisa meninggalkan lapangan ini tanpa penyesalan. Gelar juara, penghargaan, persaudaraan, sulit untuk tidak tidak merasa damai,” kata Haslem saat pensiun lalu.

Haslem tidak terpilih dalam NBA Draft 2002. Lalu ia bermain di Chalon sur Saone di Liga Prancis. Kemudian direkrut oleh Heat setahun kemudian. Haslem melewati tiga era di Heat bersama Wade, LeBron James, hingga Jimmy Butler. (rag)

Foto: Sam Navarro/USA Today Sports

Komentar