IBL

NBA terus berupaya untuk membuat All-Star Game lebih menarik. Setelah musim 2018-2013 menggunakan format kapten tim, pada All-Star 2024 akan kembali menggunakan format Barat-Timur. Tetapi ada kemungkinan format All-Star 2025 akan berubah lagi dengan hal yang baru yaitu mempertemukan tim yang berisi pemain Amerika Serikat dan tim berisi pemain internasional.

Format tersebut pertama diusulkan melalui tulisan Sam Quinn dari CBS. Daripada mengembalikan ke format lawas antara Barat vs Timur, format baru tim AS vs tim internasional dianggap hal yang lebih menarik.

Apalagi dalam beberapa musim terakhir, NBA didominasi pemain-pemain internasional. Tiga pemain luar AS memenangkan MVP dalam lima musim terakhir. Mereka adalah Giannis Antetokounmpo, Nikola Jokic, dan Joel Embiid.

Pemain-pemain internasional yang lain juga bersinar di NBA. Dalam All-Star 2023 di Salt Lake City, Utah, ada delapan pemain internasional yang terpilih. Selain ketiga MVP di atas, ada Luka Doncic, Shai Gilgeous-Alexander, Domantas Sabonis, Lauri Markkanen, dan Pascal Siakam. Musim ini pemain non-AS juga mencuri perhatian seperti ruki fenomenal Victor Wembanyama dan Kristaps Porzingis.

Baca juga: Warriors Jadi Tuan Rumah NBA All-Star 2025

Format tim AS vs tim internasional ini juga menarik. Banyak dari pemain internasional itu ingin melawan kekuatan terbaik timnas AS. Tapi kesempatan itu tidak banyak. AS hanya menurunkan pemain-pemain kelas A di Olimpiade saja.

NBA All-Star 2025 menjadi momentum yang pas jika memilih format tim AS vs tim internasional. Pada Senin (8/11), NBA telah memilih Golden State Warriors sebagai tuan rumah All-Star 2025 di Chase Center. Pertamanya kalinya Bay Area menggelar All-Star setelah edisi 2000.

Komisaris Adam Silver terbuka dengan opsi All-Star tersebut. Tidak menutup kemungkinan Silver menyetujui format tim AS vs tim internasional.

“Saya tahu kami sibuk merencanakan kehebohan baru dengan memikirkan seperti apa All-Star 2025 nanti. Orang-orang di luar sana membicarakan konsep seperti Ryder Cup. Mungkin pemain-pemain AS melawan pemain-pemain internasional. Kami sedang mempertimbangkan pendekatan berbeda untuk All-Star. Tunggu saja,” ujar Silver. (rag)

Foto: NBA

Komentar