IBL

Laman web GPOne.com, merilis nama-nama pemain NBA yang merupakan penggemar sepeda motor. Beberapa diantaranya juga menyebutkan jenis dan merek motor yang dikoleksi. Pertanyaannya, kenapa mereka tidak pernah terlihat mengendarai sepeda motor? Padahal mereka punya waktu luang saat jeda kompetisi. Tapi justru para pemain NBA hanya menggunakan uang untuk sekadar membeli motor tersebut. 

Bintang-bintang NBA yang tercantum dalam web tersebut cukup mengejutkan. Ada pula nama mendiang Kobe Bryant, yang juga pernah punya sepeda motor keren. Dia juga pernah membintangi iklan adidas dengan memakai sepeda motor Ducati. 

Tetapi kini sudah tidak ada lagi unggahan di media sosial yang menampilkan pemain NBA dengan sepeda motor. Mereka lebih sering memperlihatkan mobil, dan yang paling sering sepeda. Padahal harga sepeda motor paling mewah dan paling mahal sekalipun, pasti jauh di bawah harga mobil mewah milik pemain-pemain NBA. 

Di urutan pertama ada LeBron James, yang pernah mengendarai Ducati. Pada tahun 2009, ia pernah mengalami kecelakaan ringan saat mengendarai motor di kampung halamannya, di Akron, Ohio. Kecelakaan ini terjadi saat sebuah mobil berhenti mendadak di depannya, dan LeBron menabrak mobil tersebut. Meski pernah kecelakaan, LeBron masih menunjukkan ketertarikannya terhadap sepeda motor. Tapi tidak pernah diunggah ke publik. 

Foto: pinterest

Legenda NBA Shaquille O'Neal juga punya koleksi sepeda motor dan mengendarainya. Dia pernah tampil di acara TV "Shaquille O'Neal: Off the Clock", yang menampilkan dirinya mengendarai berbagai sepeda motor. Shaq punya koleksi sepeda motor performa tinggi dari merek Harley-Davidson dan Ducati. Sementara itu, mendiang Kobe Bryant tercatat memiliki Ducati 996. Nama ini bukan nama resmi untuk sebuah motor pabrikan Italia tersebut, melainkan nama yang dibuat sendiri oleh Kobe untuk motornya. 

Russell Westbrook juga punya kecintaan terhadap sepeda motor. Dia bisa melakukan atraksi wheelie dengan sepeda motor. Tapi aksi tersebut tidak ditunjukkan ke media sosial. Sementara dalam daftar dari GPOne.com, ada nama Chris Paul. Pada tahun 2014 dia diwawancara oleh Majalah GQ, tentang pembelian sepeda motor merek Ducati. Meski demikian, CP3 tidak pernah mengendarainya, karena risiko yang ada. 

Lalu, pertanyaannya sekarang, kenapa pemain NBA tidak pernah (terlihat) naik sepeda motor?

Kita akan belajar tentang kontrak NBA lagi, dari Doan Sports Management. Bahwa seorang pemain membutuhkan kontrak yang notabene adalah dokumen yang mengikat secara hukum yang secara hati-hati menjabarkan semua syarat dan ketentuan kerja seorang pemain di NBA membantu melindungi pemain tersebut dan organisasinya.

Sebuah kontrak akan memastikan masa depan pemain aman, setidaknya selama jangka waktu perjanjian. Mengetahui di mana pemain tersebut akan tinggal dan berapa banyak uang yang akan dihasilkan, mungkin bisa juga mencakup aturan pemain dan keluarga untuk menetap dengan nyaman dan membuat rencana finansial.

Tetapi pada saat yang bersamaan, sebuah kontrak memastikan tim NBA bahwa pemainnya tidak akan melakukan apa pun yang dapat membahayakan kesehatannya. Beberapa hal terlarang yang selalu masuh dalam klausul kontrak pemain NBA, menurut Doan Sports Management adalah minum minuman beralkohol secara berlebihan, konsumsi narkoba, mengendarai sepeda motor, atau yang menyangkut integritas tim seperti perilaku tidak pantas dan berjudi. 

Dari sini bisa kita ketahui bahwa mengendarai sepeda motor adalah larangan bagi pemain NBA. LeBron James memang senang mengendarai sepeda motor. Namun dia tahu bahwa NBA memiliki kebijakan tentang larangan mengendarai sepeda motor yang ketat. Sehingga LeBron tidak pernah muncul di media sosial dengan motor koleksinya. 

Foto: Sun Sentinel

NBA menetapkan aturan ini juga tidak sembarangan. Mereka juga pernah punya kasus yang mengerikan. Pada saat itu dialami oleh Jay Williams, mantan pemain draft pick putaran pertama yang dipilih oleh Chicago Bulls. Berasal dari New Jersey, Williams kemudian membintangi Duke dari 1999-2002. Setelah memenangkan Kejuaraan NCAA dan dinobatkan sebagai MVP selama waktunya bersama Setan Biru (julukan tim basket Duke University), Williams memasuki NBA Draft 2002. Williams memulai 54 dari 75 pertandingan sebagai pemain debutan di Chicago Bulls, dengan rata-rata mencetak 9,5 poin, 4,7 asis, dan 2,6 rebound. Dia akhirnya dinobatkan sebagai NBA All-Rookie Second Team. 

Namun, kehidupan Williams selamanya berubah setelah jeda musim berikutnya. Pada tanggal 19 Juni 2003, Williams mengalami kecelakaan tragis. Sepeda motor Yamaha R6 yang dikendarainya menabrak tiang listrik di Chicago. Williams tidak mengenakan helm, dia terbang sekitar 50 mil per jam. Menurut wawancaranya dengan The New York Times, Williams menderita putus arteri di kaki kirinya, retak di tulang sakrum, dislokasi lutut, dan putusnya saraf, dan banyak cedera lainnya. Dia mengalami luka di empedu, setelah tidak merasakan apa-apa di pinggang kiri sampai ke kaki. 

Williams memang kembali ke lapangan pada tahun 2006. Namun itu tidak lama, karena trauma yang diderita membawanya ke jalan gelap ketika ia menjadi kecanduan obat penghilang rasa sakit dan kemudian mencoba bunuh diri. Sampai akhirnya Williams berhasil keluar dari jurang tersebut. Williams bergabung dengan ESPN sebagai analis pada tahun 2008 hingga sekarang. 

Jadi, sekarang kita tahu, kenapa pemain NBA tidak pernah terlihat mengendarai sepeda motor, meski mereka punya uang yang banyak, dan bisa membeli motor paling mahal sekalipun. (*)

Foto: Facebook Shaquille O'Neal

Komentar