IBL

Setiap kali seorang ikon mengucapkan selamat tinggal pada liga, itu adalah momen yang emosional. Baru-baru ini Andre Iguodala memutuskan untuk berhenti setelah menghabiskan 19 tahun di NBA. Meski ia bermain untuk tiga tim lainnya, Golden State Warriors adalah yang paling dekat di hatinya. Itulah sebabnya dia memutuskan untuk bergabung dengan mereka di akhir karirnya. Tetapi Steve Kerr tampaknya sudah mengantisipasi pensiunnya Andre Iguodala, dengan mendatangkan Chris Paul.

Sekarang Iguodala telah memutuskan untuk pensiun dari liga. Meski kecintaannya pada Warriors dan Stephen Curry sempat membuatnya mempertimbangkan kembali keputusan untuk pensiun. Setidaknya kepergian Iguodala dari Warriors pasti akan menandai berakhirnya sebuah era.
 Karena penggemar Warriors tahu, bagaimana hubungan baik yang terjalin antara Curry dan Iguodala. Yang lebih penting lagi, kasih sayangnya terbalas karena Curry, dalam beberapa kesempatan mengatakan bahwa Iguodala turut mengubah nasib Warriors. 

Foto: SFGate

Berbicara tentang hubungannya dengan Curry dan Warriors, Iguodala mengungkapkan perasaannya yang sebenarnya. "Saya punya tempat istimewa di hati untuk Steph. Itu selalu menjadi pilihan saya," ungkap Iguodala. "Di sisi lain, saya juga ingin sekali bermain dengan Chris Paul. Dia dan saya berbicara beberapa kali dan berusaha terbuka kapan pun dia membutuhkan saya untuk membantunya melakukan transisi dalam segala hal yang terjadi di dalam organisasi."

Bagi seorang atlet sekaliber Iguodala, akan selalu lebih baik jika mereka mengakhiri kariernya dengan prestasi tinggi. Namun, sial bagi Iguodala, musim terakhirnya dirusak oleh cedera. Dia melewatkan 39 pertandingan di awal musim 2022-2023 bersama Warriors. Ketika dia akhirnya melakukan debut pada bulan Januari 2023, dia justru mengalami patah tulang pergelangan tangan. Namun terlepas dari masalah ini, warisannya untuk Bub Nation sudah pasti dan akan tetap utuh selamanya.

Iguodala menghabiskan delapan musim bersama Warriors, melakukan enam perjalanan ke Final NBA dan pulang dengan empat cincin juara dan penghargaan MVP Final 2015. "Dia adalah salah satu alasan utama kami mampu menggantungkan empat spanduk juara di langit-langit arena," kata pelatih Steve Kerr. "Dia adalah bagian mendasar dari salah satu pencapaian hebat dalam sejarah NBA."

Steve Kerr mengakui bahwa keberadaan Iguodala seperti magnet bagi pemain-pemain NBA lainnya. Tanpa Iguodala, tidak mungkin Warriors bisa mendapatkan Shaun Livingston, atau bahkan mendapatkan pemain sekelas Kevin Durant. Kemudian mereka juga bisa mendapatkan David West serta DeMarcus Cousins. "Dalam banyak hal, Andre (Iguodala) membantu untuk menentukan arah perkembangan dinasti ini. Bukan hanya memperkuat bangku cadangan kami, dia juga menentukan standar tinggi untuk pemain yang tidak mementingkan diri sendiri, serta mengajari bagaimana seorang pemain harus punya mental untuk mengutamakan tim," jelas Kerr. 

Foto: NBC Sports

Kini hadirlah Chris Paul, yang ahli dalam bidang perdagangan namun senang menjadi bagian dari segala hal yang berkaitan dengan Golden State Warriors. Dan, siapa lagi selain Paul yang lebih baik untuk mengisi posisi Iguodala musim ini? CP3 adalah pemain bijak, yang pindah ke peran yang diisi Iguodala setiap musim. 

"Anda melihat tipe pemainnya, dia sangat cerdas, performanya luar biasa di kedua sisi, selalu selangkah lebih maju dari semua orang di lapangan," kata Kerr memuji CP3. "Dia adalah pemain bertahan elit dan pelengkap sempurna untuk grup yang kami miliki karena dia mampu mengekspos pertahanan menutupi sisi lain pertahanan ketika kami melakukan kesalahan. Chris Paul akan menjadi pengganti Andre yang istimewa."

Setelah semua yang dilalui, rasanya Iguodala pantas mendapatkan patung di halaman Chase Center, atau menggantung jerseinya di langit-langit arena tersebut. (*)

Foto: Sports Illustrated

Komentar