IBL

Pernah dengar tentang Moolah Kicks? Ini sepatu basket wanita yang dibuat dan dikembangkan oleh Natalie White. Mantan pemain basket yang kini jadi pebisnis di bidang sepatu. Berawal dari keresahan White karena banyaknya pemain basket wanita yang memakai sepatu pria. 

White memulai semuanya tiga tahun yang lalu. Pada tahun 2020, White mengamati bahwa tidak ada sepatu basket khusus wanita di WNBA. Rata-rata mereka memakai sepatu basket pria, hanya ukurannya lebih kecil. Tetapi menurut White, sepatu-sepatu tersebut tidak cocok dengan bentuk kaki wanita. Kalau terus memakainya, maka pemain wanita bisa mengalami cedera lutut, pergelangan kaki, dan yang paling parah akan mengubah struktur tulangnya. 

"Moolah Kicks saya buat untuk membuat pemain wanita lebih aman dan nyaman. Bukan hanya sekadar sepatu basket yang berukuran kecil. Tetapi juga cocok dengan bentuk kaki wanita. Ke depan saya ingin berkolaborasi dengan banyak pemain wanita, untuk mengembangkan produk sekaligus membuat sepatu khas mereka sendiri," kata Natalie, dikutip dari USA Today

Foto: For The Win USA Today

White memulai Moolah Kicks ketika dia masih menjadi mahasiswa di Boston College. White merasa bahwa wanita membutuhkan sepatu basket yang dirancang khusus untuk mereka, sehingga meningkatkan kemampuan mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Dalam waktu singkat, Moolah Kicks telah berkembang seiring dengan meningkatnya popularitas olahraga wanita. 

"Ketika saya memulai perusahaan ini pada tahun 2020, kejuaraan NCAA hanya ditonton 3,6 juta orang, kini pertandingan NCAA wanita ditonton 9,6 juta orang. Moolah berubah dari nol menjadi sebuah produk yang dibutuhkan wanita. Sungguh sulit dipercaya seperti apa perkembangan bola basket wanita," jelasnya.

Awalnya, Moolah membuat sepatu low-top pertama yang dirancang untuk garda. Tetapi kini perusahaannya sudah berhasil mengembangkan sepatu high-top. Model Neovolt Low dibuat untuk garda yang mendukung permainan cepat. Sedangkan untuk model Triple Double, memiliki pelat lengkung poliuretan termoplastik dan dilengkapi bahan yang meningkatkan stabilitas sepatu. Model high-top dibuat untuk memberikan pengamanan sebaik mungkin pada pergelangan kaki.

Foto: For The Win USA Today

Moolah Kicks adalah merek sepatu yang mentransformasikan bola basket wanita. Produk yang dibuat oleh Natalie White tersebut kini memimpin pasar sepatu basket wanita di Amerika Serikat. Dalam waktu tiga tahun, mereka sudah memiliki 450 toko ritel. 

"Yang paling penting, produk kami harus meningkatkan permainan pemain bola basket wanita. Kami sudah melihatnya di rak-rak sepatu saat ini di mana anak perempuan tidak lagi memilih sepatu basket pria. Mereka sekarang berjalan ke bagian khusus wanita. Kini, mereka tahu bahwa mereka bisa mendapatkan sepatu dari sebuah merek peduli, melayani, dan meningkatkan kualitasnya. Dalam sepuluh tahun ke depan, kami berharap dapat mengubah budaya sehingga bola basket wanita terus mengalami pertumbuhan eksponensial yang selama ini kami perjuangkan," tutup White. (*)

Foto: Pro Tips by Dick's Sporting Goods

Komentar