IBL

Petenis wanita asal Kanada Leylah Fernandez menjadi sorotan saat berlaga pada turnamen Guadalajara Open di Meksiko. Sebab, finalis US Open 2021 tersebut tidak lagi memakai sepatu tenis khas Roger Federer lagi. Justru dia memakai sepatu basket Puma Stewie 2 yang merupakan sepatu khas milik pemain WNBA Breanna Stewart. 

Dikutip dari tennis.com, Leylah Fernandez merupakan duta Lululemon, sebuah produsen pakaian olahraga terbesar asal Kanada. Dia pemain pertama ayang menggunakan sepatu tenis On Running di lapangan. Dan, sejak 2022, dia sering memadukan pakaian Lululemon dengan sepatu khas Roger Federer. Tampaknya kini Leylah menjadi pionir dalam gaya berpakaian pemain tenis setelah dia memakai sepatu basket dalam pertandingan resmi. 

"Saya mendapatkan pertanyaan dan komentar mengenai hal ini (memakai sepatu basket saat bertanding)," kata Fernandez. "Ya, saya memang memakainya. Saya memakai Puma Stewie 2, dan rasanya sangat nyaman."

Usut punya usut, ternyata Leylah punya cerita lucu di balik pemilihan sepatu tersebut. Dalam wawancara dengan TennisONE, Leylah mengaku sama sekali tidak punya ikatan dengan Puma. Dia hanya datang ke toko sepatu dan melihat Stewie 2, lalu dia membelinya. Leylah berpikir dia sudah membeli sepatu tenis, tanpa melihat merek atau nama sepatu tersebut. 

"Sebenarnya bentuknya (Puma Stewie 2) sangat mirip dengan sepatu tenis. Di situ saya tertarik. Saya melihatnya ada di dekat rak sepatu tenis, dan saya mencobanya. Penjaga toko bilang kalau ini sepatu basket. Lalu ayah saya bilang, kenapa tidak mencobanya saja di lapangan tenis. Begitu saya coba, saya jatuh cinta pada sepatu ini."

Foto: firstsporz.com

Sebenarnya, kalau dilihat dari keterangan produk Puma, sepatu basket Stewie 2 dibuat dengan sol luar karet dengan tingkat abrasi tinggi dengan kompon anti selip. Bantalan di bagian tengah dibuat dari busa yang disuntikkan nitrogen untuk membuat lebih responsif, namun tetap ringan. Tak heran kalau Leylah merasa nyaman, dan tidak ada masalah di lapangan. "Sejauh ini berjalan baik. Saya merasa penampilan saya luar biasa. Saya suka sepatunya, saya suka warnanya. Sangat cocok dengan pakaian Lululemon," tegasnya. 

Foto: Tennis.com

Dalam dunia tenis, sebelumnya memang ada pemain WTA yang mengambil inspirasi dari bola basket. Juara US Open, Coco Gauff telah meluncurkan sepatu khas tahun lalu bersama New Balance. Sepatu yang punya nama resmi New Balance Coco CG1 tersebut dibuat seperti sepatu basket, namun dengan mengedepankan teknologi yang cocok untuk tenis lapangan. (*)

Foto: TennisONE

Komentar