IBL

LeBron James akan genap berusia 39 tahun pada 30 Desember mendatang. Memasuki musim ke-21 ini, LeBron memiliki rekor baru sebagai pemain aktif tertua NBA. Tetapi belum ada tanda-tanda Sang Raja akan pensiun. LeBron justru memiliki keinginan untuk bermain di Olimpiade Paris 2024.

“Dia 100 persen sehat. Dia terlihat baik-baik saja. Dia tampak seperti menjalani musim ketiga atau keempatnya,” ujar Darvin Ham, pelatih Los Angeles Lakers, dilansir melalui laman ESPN.

Musim lalu LeBron melewatkan 27 pertandingan karena cedera kaki kanan. LeBron tampil dalam 55 gim reguler dengan rerata 28,9 poin, 8,3 rebound, dan 6,8 asis per gim. Di babak playoff ia bermain 16 gim dan membawa Lakers ke final Wilayah Barat dengan 24,5 poin dan 9,9 rebound.

Sebelumnya LeBron menjadi pemain tertua kedua di liga. Sebab, musim lalu masih ada Udonis Haslem yang bermain di Miami Heat. Haslem resmi pensiun pada Juli lalu setelah Heat mencapai Final NBA 2023. Haslem gantung sepatu pada usia 43 tahun.

Memasuki usia 39 tahun nanti, LeBron menatap berbagai rekor lain yang sepertinya akan sulit dipecahkan oleh pemain lain. Sedikit lagi LeBron akan melampaui rekor pencetak poin terbanyak di dunia.

Saat ini rekor itu dipegang oleh Oscar Schmidt dengan total 49,737 poin. Sementara itu LeBron memiliki raihan dan akan terus berjalan pada titik 48,080 poin. Pada Februari lalu, LeBron merebut rekor poin terbanyak NBA dari Kareem Abdul-Jabbar.

Meski usia bukan masalah utama, tetapi LeBron lebih berhati-hati menjaga tubuhnya. Juara NBA empat kali itu memutuskan tidak mengikuti jadwal pramusim Lakers secara penuh. LeBron akan absen pada laga pramusim melawan Golden State Warriors pada lusa.

“Enam pertandingan pramusim, mudah-mudahan saya bisa mengikuti setidaknya setengahnya. Tetapi kita lihat saja nanti. Saya pikir setiap pertandingan akan menentukan. Saya tidak akan bermain hari Sabtu di Bay (Area). Tapi kita lihat setelah itu,” ujar LeBron.

Lakers dua kali melawan Warriors di pramusim. Gim kedua pada 13 Oktober mendatang. Lakers juga akan menjalani laga pramusim melawan Brooklyn Nets (9/10), Sacramento Kings (11/10), Milwaukee Bucks (15/10), dan Phoenix Suns (19/10).

LeBron harus memastikan diri bisa bugar di malam pembukaan NBA 2023-2024. Sebab, mereka akan tampil melawan juara bertahan, Denver Nuggets pada 24 Oktober mendatang.  (rag)

Foto: NBA

Komentar