IBL

Jumlah tim WNBA akan bertambah pada 2025. Golden State Warriors telah mengumumkan mereka mendatangkan tim WNBA ke Bay Area. Tim tersebut belum memiliki nama secara resmi. Tim WNBA Warriors akan debut pada musim 2025. Tim tersebut akan bermarkas di Chase Center, San Francisco, yang juga menjadi kandang Warriors.

“Bay Area adalah pasar yang sempurna bagi tim WNBA dan kami senang peluang ini membuahkan hasil. Kami telah tertarik dengan waralaba WNBA selama beberapa tahun karena kayanya sejarah basket perempuan di Bay Area. Kami percaya sekarang adalah waktu yang ideal untuk melaksanakan visi dan membangun warisan,” ujar Joe Lacob, pemilik Warriors.

Lacob menyebutkan waralaba barunya nanti akan menggunakan nama Golden State, yang mencerminkan basis penggemar di Bay Area. Selama beberaapa bulan ke depan, pihaknya akan berdiskusi tentang nama belakang dari tim WNBA tersebut. 

Tim WNBA Warriors akan menjadi yang ke-13. Warriors menjadi tim NBA keenam yang memiliki tim WNBA. Sebelumnya ada Indiana Pacers (Indiana Fevers), Minnesota Timberwolves (Minnesota Lynx), Brooklyn Nets (New York Liberty), Phoenix Suns (Phoenix Mercury), dan Washington Wizards (Washington Mystics).

Menjalani musim ke 27, WNBA memiliki 12 tim. Selain tim-tim tersebut di atas, saat ini tujuh tim WNBA yang tidak berafiliasi dengan tim NBA. Tim-tim tersebut adalah Atlanta Dream, Chicago Sky, Connecticut Sun, Dallas Wings, Las Vegas Aces, Los Angeles Sparks, dan Seattle Storm.

WNBA terakhir kali menambah tim pada 2008 silam. Atlanta Dream merupakan anggota terbaru. Pada awal didirikan pada 1996 silam, WNBA terdiri dari delapan tim. Dari delapan tim itu, ada tiga yang bertahan, satu berganti nama, dan sisanya bubar.

Liberty, Sparks, dan Mercury adalah tim yang masih bertahan hingga kini. Utah Starzz (1997-2002) tercatat dua kali berpindah dari San Antonio Silver Stars (2003-2013), San Antonio Stars (2013-2017), dan kini menjadi Las Vegas Aces.

Tim-tim yang sudah bubar yaitu Cleveland Rockers (1997-2003), Charlotte Sing (1997-2006), Houston Cornets (1997-2008), dan Sacramento Monarchs (1997-2009). (rag)

Foto: WNBA

Komentar