IBL

Jrue Holiday menjadi “tumbal” pertukaran Damian Lillard dari Portland Trail Blazers ke Milwaukee Bucks. Setelah Bucks melepas Jrue, ia kini berlabuh ke Boston Celtics, pesaing Bucks di Wilayah Timur. Dengan bergabung dengan Celtics, Jrue memiliki kesempatan besar untuk memenangkan gelar sekaligus “balas dendam” kepada Bucks.

“(Blazers) melakukan pekerjaan yang baik dengan menempatkan saya di tempat (di mana) saya mendapatkan peluang untuk memenangkan (kejuaraan) lainnya. Itu sangat penting bagi saya. Bekerja dengan mereka sangatlah mudah, lancar, dan membuat segalanya menjadi mungkin,” kata Jrue dalam sesi jumpa media pada awal pekan ini.

Jrue juga mengakui bahwa pertukaran tersebut memang terasa menyakitkan baginya dan keluarganya. Istri Jrue, Lauren, bahkan menulis surat yang berisi curahan hatinya setelah pertukaran Bucks tersebut.

“Beberapa hari lalu sebelum saya ditukar, saya bertanya-tanya kemana saya akan pergi. Saya punya harapan berada di dini dan terkadang Anda tidak terlalu ingin berharap karena hati Anda bisa hancur seperti itu Tapi begitu saya akhirnya ditukar ke sini, itulah komitmen saya,” tutur Jrue.

Pertukaran Celtics demi Jrue tidak murah. Mereka harus melepaskan Robert Williams III, Malcolm Brogdon dan dua hak pilih ronde pertama kepada Blazers. Tetapi Celtics mengakui memang sudah lama mengincar Jrue.

Jrue adalah bagian penting dari lini pertahanan Bucks yang memenangkan NBA musim 2020-2021 yang menjadi gelar pertama bagi Bucks. Pemain berusia 33 tahun itu memiliki pengalaman indah bersama Bucks.

Selama menjadi pemain Bucks itu, Jrue juga sukses dalam statistik individual. Setelah satu dekade berlalu, Jrue mendapat All-Star keduanya 2023 lalu. Ia juga mengoleksi dua dari tiga NBA All-Defensive First Team.

Jrue mengawali karier di Philadelphia 76ers setelah menjadi pilihan ke-17 NBA Draft 2009. Kemudian ia pindah ke New Orleans Pelicans (2013-2020) dan memperkuat Milwaukee Bucks selama tiga musim.

Setelah Bucks mendapatkan Lillard, prediksi mereka menjadi juara memang naik. Tapi setelah Celtics merekrut Jrue, banyak yang sepakat Celtics akan lebih mengerikan musim ini. Barisan starter mereka musim ini diperkirakan berisi Jayson Tatum, Jaylen Brown, Derrick White, Jrue Holiday, dan Kristaps Porzingis. Nama terakhir direkrut Celtics setelah menukar Marcus Smart ke Memphis Grizzlies. (rag)

Foto: NBA

Komentar