IBL

Stephen Curry akhirnya buka suara tentang rumor kembali ke tim nasional Amerika Serikat. Dalam sesi media day Golden State Warriors pada Senin (2/10) waktu setempat. Curry menyatakan keinginannya untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024 mendatang.

“Saya ingin bermain di Olimpiade. Itu adalah satu hal yang belum saya lakukan. Saya juga memahami peluang bagi timnas AS untuk menegaskan kembali sebagai negara basket yang mendominasi dunia,” ujar Curry dilansir melalui Foxsports.

Olimpiade adalah satu-satunya gelar yang belum pernah Curry menangkan. Pemain bernama lengkap Wardell Stephen Curry II itu terakhir tampil di ajang internasional saat timnas AS menjuarai Piala Dunia FIBA 2014 di Spanyol.

Sejak tampil dengan timnas AS senior pada 2010, Curry selalu melewatkan kesempatan bermain di Olimpiade. Juara NBA empat kali itu tidak terpilih dalam roster di Olimpiade London 2012. Curry mengundurkan diri karena cedera lutut sebelum Olimpiade Rio 2016. Lalu ia memilih istirahat saat Olimpiade Tokyo 2020 usai menjalani musim NBA yang padat.

“Saya benar-benar ingin berada di sana (Olimpiade). Saya pasti ingin berada di tim. Mudah-mudahan, segala sesuatunya berjalan seperti itu di mana kami semua berada di sana,” kata MVP NBA dua kali dan MVP Final NBA 2022 itu.

Jika Curry dalam kondisi sehat pada musim panas tahun depan, besar kemungkinan dia akan dipanggil oleh Steve Kerr, pelatih Warriors sekaligus timnas AS saat ini. Apalagi AS juga dalam mode “tidak boleh” gagal. Sebab, mereka hanya menempati posisi keempat di Piala Dunia FIBA 2023 lalu.

Setelah AS gagal di Piala Dunia FIBA 2023 itu, para pemain bintang AS geram. Ada wacana untuk membentuk The Redeem Team Jilid II. LeBron James juga menyatakan minatnya. Kabarnya pencetak skor terbanyak NBA itu “merekrut” rekan-rekannya yang lain agar mau bergabung di Olimpiade Paris 2024.

Tidak hanya Curry dan LeBron, Kevin Durant sudah siap kembali ke timnas AS dan merebut emas Olimpiade keempatnya di Paris tahun depan. Jika hal itu tercapai, Durant akan menjadi satu-satunya pemain putra AS yang meraih empat emas Olimpiade beruntun.

Menarik menunggu siapa saja yang akan tampil di Olimpiade Paris 2024 nanti. (rag)

Foto: NBA

Komentar