IBL

Capaian Stephen Curry sebagai pemain nyaris sempurna. Ia empat kali memenangkan NBA, dua kali terpilih sebagai pemain terbaik, sekali MVP Final NBA, dan dua emas FIBA World Cup. Ternyata Curry belum pernah merasakan bermain dan meraih medali di Olimpiade. Padahal Timnas AS menjadi juara empat edisi terakhir.

Dalam karier internasionalnya, Curry pertama kali memperkuat Timnas AS pada Kejuaraan Dunia U19 2007 dan meraih perak. Kemudian tiga tahun berselang, ia masuk timnas senior di Kejuaraan Dunia 2010 (kemudian disebut sebagai FIBA World Cup) dan langsung meraih emas. Demikian pula pada FIBA World Cup 2014.

Dalam perjalanannya di ajang Olimpiade, Curry tidak terpilih dalam roster Timnas AS di Olimpiade London 2012. Kemudian pada Olimpiade Rio 2016, Curry mengundurkan diri karena cedera lutut dan pergelangan kaki. Curry menolak masuk Timnas AS di Olimpiade Tokyo 2020 karena ingin istirahat setelah melalui musim yang panjang.

Kini suasana tampaknya berbeda. Steve Kerr ditunjuk sebagai pelatih Timnas AS pada 2022-2024 atau hingga Olimpiade Paris 2024 mendatang. Kerr sendiri juga merupakan pelatih Golden State Warriors. Sebelumnya Gregg Popovich (San Antonio Spurs) yang menangani The Dream Team pada 2015-2021.

Curry baru-baru ini berbicara dengan sumber internal NBA, Marc Stein, tentang keinginannya masuk Timnas AS di Olimpiade Paris 2024. Curry menambahkan ia akan sangat senang bermain di bawah pelatih Steve Kerr di Paris.

“Mengetahui Coach Kerr menjadi pelatih (Timnas AS) dan saya bermain dengan tim juara dunia dan semua orang yang telah mengalami keduanya, saya tidak malu menyebut betapa berbedanya Olimpiade,” kata pemain berusia 34 tahun itu.

“Tentang suasana dan atmosfer yang ada di sana. Saya tidak tahu peluang saya (untuk masuk tim), karena saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Tetapi saya pasti ingin memiliki pengalaman itu (bermain di Olimpiade),” imbuh Curry.

Jika Curry terpilih dalam roster Timnas AS di Olimpiade tahun depan, itu berarti dia akan kembali lagi ke timnas setelah satu dekade. Olimpiade Paris 2024 dijadwalkan pada 26 July-11 Agustus 2024. (rag)

Foto: USA Basketball, NBA

Komentar