IBL

"Saya akan bermain di Olimpiade tahun depan," kata Kevin Durant, menjawab pertanyaan media dalam NBA Media Day 2023. 

Rasanya satu kalimat tersebut sudah cukup bagi publik basket Amerika Serikat, bahwa tim nasional mereka akan punya roster yang lebih baik di Olimpiade Paris tahun 2024. Kehadiran KD sangat dinantikan di timnas Amerika Serikat, yang sekarang menjadi bahan pembicaraan. Pasalnya mereka tidak memiliki pemain All-NBA atau pemain Olimpiade dalam rosternya di Piala Dunia FIBA 2023.

Timnas Amerika Serikat finis di peringkat keempat pada turnamen Piala Dunia FIBA 2023, yang digelar di Indonesia, Jepang, dan Filipina. Amerika Serikat juga menorehkan rekor buruk dengan kalah tiga kali di turnamen internasional untuk pertama kalinya sejak Olimpiade Athena 2004. Sebelumnya, timnas Amerika Serikat juga kekurangan pemain bintang pada Piala Dunia FIBA 2019 dan finis di peringkat ketujuh. 

Durant tampil luar biasa di Olimpiade Tokyo. Dia memecahkan rekor poin Olimpiade milik Carmelo Anthony. Durant mencetak 436 poin dalam sembilan pertandingan, sedangan Melo punya rekor 336 poin. Namun bila Durant tampil di Olimpiade Paris, maka dia akan memecahkan rekor milik Larry Bird. Saat ini rekor pemain timnas Amerika Serikat tertua di Olimpiade adalah Larry Bird dengan 35 tahun saat bermain di Olimpiade Barcelona 1992. Durant akan berusia 35 tahun jika dirinya bermain di Olimpiade Paris. Tapi rekor tersebut akan dipecahkan oleh LeBron James yang usianya 38 tahun, kalau bintang Los Angeles Lakers tersebut jadi ikut ke Paris. 

Faktanya pada NBA Media Day 2023, semua pemain bintang diberi pernyataan yang sama soal peluang mereka tampil di Olimpiade. Hanya Durant yang memberikan kepastian. Bahkan LeBron James, yang sebelumnya berminat, kini malah ragu. "Ada banyak hal yang Lakers akan lalui di musim ini. Jadi kita akan melihat nanti apa yang terjadi," kata LeBron. "Saya sudah berkomunikasi dengan beberapa pemain untuk membicarakan peluang ke Paris."

Jawaban yang sama juga diberikan oleh Anthony Davis. Rekan LeBron di Lakers, yang sangat diperlukan timnas Amerika Serikat. Karena menurut CBS Sports, kelemahan timnas Amerika Serikat dalam beberapa turnamen terakhir ada di area kunci. "Saya belum tahu, dan belum bisa menjawab untuk sekarang," ujar Davis. 

Sementara itu, bintang Sacramento Kings De'Aaron Fox tampaknya tidak tertarik dengan bermain di Olimpiade. Padahal dia merupakan salah satu dari empat garda terbaik liga yang masuk tim All-NBA musim lalu. "Segala sesuatunya bisa berubah di masa depan. Tapi untuk saat ini, (bermain di Olimpidae) bukan sesuatu yang saya pikirkan," ungkap Fox. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar