IBL

LeBron James menuju keabadian! Memasuki musim ke-21 di NBA, LeBron James semakin dekat untuk menjadi sosok pebasket paling hebat yang pernah ada dalam sejarah basket dunia. Sedikit lagi, LeBron akan mematri namanya di sebuah rekor eksklusif yang akan menempatkan namanya semakin abadi. 

Rekor yang kita bicarakan adalah rekor poin terbanyak dalam karier profesional seorang pemain, baik di level klub ataupun negara. Dalam hal ini, rekor tersebut dipegang oleh legenda basket dunia asal Brasil yang tak pernah bermain di NBA, Oscar Schmidt. 

Dalam catatan rekor basket dunia, Oscar telah membukukan 49.737 poin. Catatan paling spektakuler ia bukukan di Olimpiade 1988 Seoul di mana ia menorehkan rataan 42,3 poin per gim.

Oscar Schmidt x LeBron James

Oscar lantas bermain profesional untuk beberapa tim di Italia, Spanyol, dan tentunya Brasil. Kehebatannya pun diakui dunia dengan namanya masuk dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada 2013. Oscar sendiri sudah pensiun dari basket sejak 2003. 

Kini, rekor tersebut ada di ujung pandangan LeBron. Selama 21 tahun berkarier, LeBron telah membukukan 47.734 poin, baik di NBA ataupun tim nasional Amerika Serikat. Dengan jarak "hanya" 2.004 poin, dengan melihat performa LeBron yang tak menurun, mematahkan rekor Oscar terlihat sangat masuk akal. 

Musim lalu saja, pemain berusia 38 tahun ini membukukan 28,9 poin per gim dalam 55 laga bersama Los Angeles Lakers. Jika LeBron masih membukukan rataan yang sama, maka ia hanya butuh 70 gim untuk melewati capaian Oscar, yang mana tidak sampai satu musim reguler NBA. 

Di lain sisi, beredar rumor kencang bahwa LeBron siap turun membela timnas Amerika Serikat di Olimpiade 2024 Paris. Situasi ini akan lebih istimewa jika LeBron mematahkan rekor Oscar di panggung internasional terakhirnya bersama Amerika Serikat. 

Di musim 2022-2023 sendiri, LeBron berhasil mematahkan rekor yang dulunya abadi, rekor poin Kareem Abdul-Jabbar. Kini, rekor abadi lainnya di depan mata. Jadi, sebaiknya kapan LeBron memecahkan rekor abadi ini? (DRMK)

Foto: NBA

Komentar